VIRAL Erdogan Tak Mau Duduk Sebelum Kursinya Sama dengan Kursi Paus, TERNYATA ini Faktanya..

IMG42

[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan melakukan kunjungan kenegaraan ke Vatikan bertemu Paus Fransiskus, Senin (5/2/2018).

Kunjungan Erdogan tersebut dimaksudkan untuk membalas kunjungan Paus Fransiskus ke Turki pada 2014 lalu dan membicarakan situasi di Timur Tengah khususnya membahas status Yerusalem.

Baik Erdogan maupun Paus Fransiskus satu suara menentang keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Di tengah kunjungan bersejarah ini, dimana Erdogan menjadi pemimpin Turki yang pertama berkunjung ke Vatikan dalam rentang 59 tahun terakhir, di media sosial, baik Twitter maupun Facebook, beredar kabar bahwa Erdogan menolak duduk saat bertemu Paus Fransiskus karena kursinya lebih kecil dari kursi yang dipakai Paus Fransiskus. Akhirnya petugas Vatikan mengganti kursi Erdogan dengan ukuran kursi yang sama yang dipakai Paus Fransiskus, dan setelah itu Erdogan mau duduk.

Kabar viral seperti itu disertai dengan foto Erdogan duduk di depan Paus dengan kursi yang sama besar. Sementara di tepi ruangan, tampak salah seorang pria sedang mengangkat kursi. Fotonya dilingkari untuk mengesankan bahwa ia telah mengambil kursi itu dari tempat duduk Erdogan dan menggantinya dengan kursi besar.

Benarkah kabar tersebut? Ternyata HOAX.

Dari sejumlah video baik yang dilansir oleh media Barat maupun media Turki, kronologinya yang benar adalah pria yang fotonya dilingkari itu bukan selesai mengambil kursi dari posisi Erdogan melainkan sedang mengambil kursi yang ada di tepi ruangan untuk diletakkan di samping Paus. Mungkin untuk notulen atau penerjemah.

Berikut videonya....

[video1]


[video2]