Pilgub Jawa Tengah, Pertarungan Seru Kancane Anies VS Hopeng Ahok. Salah Pilih, Sial 5 Tahun!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pak Dirman dilahirkan di Brebes. Kancane Gubernur Anies. On red corner, ada Ndoro Ganjar dari Karanganyar. Hopengnya Ahok di Mako Brimob.

Brebes kota bawang dan telur asin. Ironisnya, dia masuk peringkat ketiga termiskin. Di sana, ada keluarga Sakhah yang setahun makan nasi aking. Sedangkan di Plesungan-Karanganyar, Tri Budiyanto sekeluarga tinggal di atas pohon. Gubernurnya Wong Brebes dan Karanganyar ya Ndoro Ganjar itu.

Ali Mufiz adalah satu-satunya Gubernur Jawa Tengah yang pernah sekolah di luar negeri. Dia lulusan Universitas Southern California. Bila menang, Pak Dirman akan jadi gubernur kedua lulusan Amerika.

Ndoro Ganjar kuliah di UGM dan pasca sarjana UI. Aktif di GMNI. Kolektor kaset musik rock dan heavy mental. Orangnya ekspresif. Sama kaya Ahok, dia suka marah-marah sambil bawa kru kamera. Nggak heran bila ada yang sebut dia "camera junkiest".

Sebaliknya, Pak Dirman pendiam. Kalem. Tenang. Rada-rada "shy". Lebih suka gerak dari balik layar. Ga suka jadi pusat perhatian. Deep-thinker. Santun. Tata krama tinggi. Khas Jawa Tengah. Dapet bea-siswa kuliah di STAN dan George Washington University. Semasa mahasiswa, Dirman muda aktif sebagai Ketua Senat Mahasiswa dan Jurnal Kampus.

Di masa kampanye, Ahok 'jualan' banyak kartu. Ganjar-Heru pun begitu. Ada Kartu Pupuk dan Solar Subsidi.

Di antara 9 Program Ganjar 2013 ada satu yang bersifat basa-basi. Dia bilang ingin menumbuhkan "Budaya Lokal". Begitu jadi gubernur, dia nonton konser The Dream Theater dan pake kaos "Uasuu Kuabeh".

Ndoro Ganjar nggak ragu gunakan sapaan "kamu-kamu" kepada seorang Pro-Jokowi. Sedangkan, Pka Dirman suka dengan sapaan "sampeyan, Anda atau panjenengan".

Setelah kelar kuliah, Ndoro Ganjar sempat pensiun dari dunia gerakan. Dia buka bisnis konsultan human resource. Kemudian jadi anggota dewan dan terpilih sebagai Gubernur Jawa Tengah. Lantas, namanya disebut Koruptor Nazarudin di skandal korupsi e-ktp. Dah, gitu doang track-record Ndoro Ganjar.

Di sisi lain, setelah selesai study, Pak Dirman terus aktif di dunia gerakan. Namanya dikenal sebagai aktivis anti korupsi yang berperan melahirkan KPK.

Dia pernah diminta Cak Nur jadi Plt Rektor Universitas Paramadina. Pak Dirman mengajukan satu syarat: tidak mau digaji.

Pasca Tsunami, dia terbang ke Aceh sebagai Deputy Kepala Badan Pelaksana Rekontruksi dan Rehabilitasi Aceh-Nias. Di sana, Pak Dirman tegas membatalkan "tender bermasalah" senilai 157 miliar. Sampai 2007, BRR sanggup membangun 30 ribu unit rumah.

Selain itu, Pak Dirman punya track-record membenahi dan aktif di Yayasan Eka Paksi, Pertamina, Komisaris Pindad dan akhirnya jadi Menteri ESDM.

Paling fenomenal, Pak Dirman bongkar Skandal "Papa Minta Saham". Setnov sempat tumbang dari Kursi Ketua DPR. Cadaz. Lihay. Digjaya. Setnov bisa rebound. Akhirnya, Pak Dirman disingkirkan.

Ada netizen menulis, "Heran, setiap kali ingat Setnov, kenapa saya selalu teringat Ganjar Pranowo?"

Penulis: Zeng Wei Jian

------

Jangan salah pilih. Salah pilih sekali, sialnya 5 tahun!