Pesawat Tempur Israel Serang Hamas di Gaza


[PORTAL-ISLAM.ID] GAZA - Angkatan Udara Israel (IAF) menyerang enam sasaran Hamas di Jalur Gaza pada Sabtu (17/2/2018) malam waktu setempat, dalam menanggapi ledakkan di perbatasan Gaza pada Sabtu pagi yang melukai empat tentara Israel (IDF).

[video - serangan jet tempur Israel]
Sasaran termasuk terowongan Hamas yang dibangun dari lingkungan Zeitoun di Gaza yang digali menuju wilayah Israel.

Target lain sebuah kompleks militer Hamas di wilayah Netzarim yang mencakup tempat pembuatan senjata-senjata dan sebuah kompleks militer Hamas di Khan Younis.

"IDF memandang dengan sangat keras upaya Hamas untuk melakukan demonstrasi spontan yang tampaknya dimaksudkan untuk mengubah pagar perbatasan menjadi zona konfrontasi dan melakukan tindakan teror yang akan mengacaukan Jalur Gaza," demikian sebuah pernyataan dari unit juru bicara IDF.

"Hamas bertanggung jawab atas kejadian tersebut dan konsekuensinya, dan juga untuk segala sesuatu yang terjadi di dalam dan di luar Jalur Gaza, di atas dan di bawah tanah," tambahnya.

Sabtu pagi, dua tentara IDF terluka parah dan dua lainnya terluka ringan setelah suatu perangkat diledakkan saat patroli IDF. Mereka dievakuasi ke Rumah Sakit Saroka di Beersheba dengan helikopter militer.

Tak lama kemudian, sebuah tank IDF menargetkan sebuah pos pengamatan di Jalur Gaza selatan sebagai jawaban.

"Kejadian di perbatasan Gaza sangat serius. Kami akan merespon dengan tepat," kata Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyusul serangan perbatasan, seperti dilansir The Jerusalem Post.

Sebelumnya, ketegangan telah meningkat di perbatasan Israel dengan Jalur Gaza dalam beberapa bulan terakhir akibat kondisi kemanusiaan yang memburuk di wilayah Gaza yang diblokade Israel.

Juru bicara gerakan Hamas Hazem Qasem meminta Israel bertanggung jawab atas eskalasi saat ini terhadap Jalur Gaza yang terkepung.