MSI: Kader PKS Jangan Pesimis, Siapa Tahu Jokowi Jadikan PKS Cawapres Nomor Urut Pertama


[PORTAL-ISLAM.ID] YOGYAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi telah mengumumkan sembilan bakal calon presiden dan wakil presiden untuk maju pada Pemilu 2019, Kamis (15/2/2018) malam. Nama-nama bakal calon presiden dan wakil presiden dari PKS tersebut merupakan hasil penjaringan internal partai.

Sembilan bakal calon presiden dan wakil presiden dari PKS adalah:
1. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan
2. Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid
3. Mantan Presiden PKS Anis Matta
4. Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno
5. Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman
6. Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al'Jufrie
7. Mantan Presiden PKS Tifatul Sembiring
8. Ketua DPP PKS Al Muzammil Yusuf
9. Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera

Ke-9 nama ini yang akan diajukan PKS kepada mitra koalisi di Pilpres 2019. Karena syarat pengajuan pasangan Capres Cawapres 20% kursi DPR.

"Nanti siapa dari sembilan nama yang terpilih maju Pilpres 2019 kita belum tahu. Prosesnya masih panjang. Kita akan mengkomonikasikan sembilan nama ini ke parpol dan tokoh potensial," kata Presiden PKS Sohibul Iman, Jumat (16/2/2018), seperti dikutip Kompas.

Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman dalam pidatonya di acara temu anggota legislatif PKS se-Indonesia (13-16 Februari 2018 di Yogyakarta) menyampaikan gambaran posisi PKS dan peta politik di Pilpres 2019.

Sohibul Iman menyatakan koalisi yang akan dibangun PKS di Pilpres 2019 masih sangat terbuka dengan berbagai partai politik lain.

"Kita harus rasional dulu, masalah emosional belakangan. Kita bisa berkoalisi dengan PDIP. Yang kedua kita bisa berkoalisi dengan Golkar. Yang ketiga kita bisa berkoalisi dengan Gerindra," kata Sohibul Iman.

Sohibul Iman melanjutkan:

"Kemudian dari sisi tokoh capres. Ada Pak Jokowi, ada Pak Prabowo, dan belakangan muncul AHY. Kalau kita hitung, antara Pak Jokowi dan Pak Prabowo. Tapi, sekarang kita sudah mendengar dan membaca sekian partai sudah memutuskan menjadikan Pak Jokowi sebagai calon presidennya. Ada Golkar ada Nasdem ada PPP ada Hanura. Dan sekarang walaupun malu-malu PDIP sedang menyiapkan siapa cawapres yang tepat buat Pak Jokowi. Jadi sekarang sudah ngantri yang akan menjadi cawapresnya Jokowi. Menurut Harian Terbit ada 17 orang yang sedang ngantri menjadi cawapresnya Jokowi."

"Nah kalau kita kemudian masuk ingin menjadi cawapresnya Jokowi kita berarti di urutan ke-18. Tapi antum jangan pesimis, siapa tahu Pak Jokowi melihat ini PKS kayaknya potensial paling atas.."

Berikut video...