Maruarar Sirait Akhirnya Minta Maaf Tak Undang Anies ke Podium, Warganet: Harus Ada yang Jadi Tumbal


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait meminta maaf atas kejadian yang menimpa Gubernur DKI Anies Baswedan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (17/2).

Anies di acara Final Piala Presiden tak dilibatkan dalam perayaan kemenangan Persija di podium lapangan. Ara, sapaan Maruarar, mengaku sebagai orang yang bertanggung jawab atas kejadian itu.

"Saya yang bersalah. Dan saya mohon maaf kepada Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan atas ketidaknyamanan ini. Kalau ada salah itu tanggung jawab saya 100 persen," ujar Ara.

Menurut Ara, Anies semestinya ikut turun ke podium sebagai pihak yang turut menerima hadiah atas kemenangan Persija.

"Harusnya Pak Anies juga terima hadiah. Tapi itu ketidaktahuan saya, tidak mengerti protokoler," katanya.

Link: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180219145606-20-277181/maruarar-sirait-minta-maaf-tak-undang-anies-ke-podium-persija

***

Pernyataan Ara yang merupakan politisi PDIP ini berbeda dengan pernyataan sehari sebelumnya, saat publik bereaksi keras terhadap perlakuan yang tak pantas terhadap Gubernur Anies Baswedan selaku tuan rumah.

Pada pernyataan kemarin (18/2):

Maruarar Sirait: Tak Semua Pejabat Ikut Jokowi Serahkan Piala Presiden

Video Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dicegah oleh Paspampres untuk ikut menyerahkan Piala Presiden ke Persija beredar. Sebagian masyarakat menilai, kondisi ini tidak biasa mengingat Anies merupakan pimpinan Jakarta yang menjadi tuan rumah sekaligus pemenang.

Menanggapi hal itu, Ketua Steering Committee Piala Presiden Maruarar Sirait menyebut, tidak semua pejabat bisa ikut mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan piala ke Persija. Beberapa pejabat juga tidak ikut turun mendampingi Jokowi.

"Itu kan pejabat negara enggak semua turun. Mensos Pak Idrus juga kan enggak turun, Kepala BIN juga, ya baik-baik saja," kata Maruarar di Hotel Sari Pan Pasific, Jalan Thamrin, Jakarta, Minggu (18/2).

Link: https://kumparan.com/@kumparannews/maruarar-sirait-tak-semua-pejabat-ikut-jokowi-serahkan-piala-presiden

***

Berubahnya statemen politisi PDIP ini yang kemarin menyatakan "Tak Semua Pejabat Ikut Jokowi Serahkan Piala Presiden", kemudian hari ini menyatakan "Minta Maaf, Tak Undang Anies ke Podium, Semestinya Anies Ikut Naik Podium"...

Membuat warganet menduga hanya sebagai tumbal, karena insiden pelarangan Anies malah jadi bumerang, dimana publik mengecam Jokowi, dan sebaliknya menyanjung Anies Baswedan, terlihat dari ribuan komentar netizen di akun fb Presiden Jokowi.

"Dalam 2 hari, Statemen Ara berubah.
Ini pertanda dia dapat teguran dari pihak yg merasakan damage dari ulahnya.. 
Kontra produktif pd elektbilitas Jokowi..," ujar akun twitter @bambangelf.

‏"Akhirnya Maruarar Sirait Minta Maaf dan Mengaku Salah.. Harus ada yang jadi tumbal," komen jurnalis senior @eae18.

"Seandainy tak ada yg merekam video pak Anies dihadang maka klarifikasi seperti di hari Minggu lah yg bakal kita dapat, yg diteruskan dgn pelentiran aturan sampe asumsi bahwa yg salah dari pak Anies atau timny sendiri," ujar @ahmadyamin_ay.