KPU Gugurkan Calon Dari Demokrat, Gerindra: Jangan Sampai Ada Sabotase Politik Dalam PilGub Sumut


[PORTAL-ISLAM.ID] Pasangan calon gubernur Sumatera Utara yang diusung oleh Partai Demokrat, bersama PKB dan PKPI, JR Saragih-Ance Silaen digugurkan pencalonannya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara.

Partai Demokrat menilai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara telah mengabaikan aturan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) dengan menggugurkan pencalonan pasangan JR Saragih-Ance Silean di Pilkada Sumut 2018.

Sekretaris Departemen Dalam Negeri DPP Partai Demokrat, Abdullah Rasyid di Jakarta, Senin 12 Februari 2018 menjelaskan alasan digugurkannya JR Saragih dan Ance.

"Dalam rapat pleno penetapan calon di Grand Mercure Hotel, Medan hari ini, calon Partai Demokrat tidak memenuhi syarat (TMS). Alasannya, calon kami tidak menyertakan fotokopian ijazah yang dilegalisir. Ini tidak benar, sebab UU tentang Pilkada tidak mengatur seperti itu," ungkap Abdullah Rasyid.

Rasyid menjelaskan UU tentang Pilkada mengamanatkan paslon harus menyelesaikan pendidikan SLTA/sederajat, yang dibuktikan dengan ijazah. Dan tidak ada klausul yang menyebutkan adanya syarat legalisir atas penyelesaian pendidikan dimaksud.

Hal lainnya, lanjut Rasyid, ada dua kondisi objektif yang juga diabaikan oleh KPU Sumut. Pertama, JR Saragih adalah Bupati Simalungun dua periode. Saat maju mencalonkan diri di Pilkada Simalungun, hal seperti ini juga sudah 'dimainkan' oleh KPU. Dan, ketika itu terbit putusan Mahkamah Agung (MA) yang menyatakan ijazah JR Saragih sah alias legal.

Kedua, dalam konteks mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Sumut, JR Saragih juga sudah memegang surat keterangan dari Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) DKI Jakarta, yang menyatakan ijazah sudah dilegalisir.

"Nyatanya kondisi objektif tersebut tidak dianggap sama sekali oleh KPU. Untuk itu, Partai Demokrat akan menempuh jalur hukum demi tegaknya aturan dan rasa keadilan dalam penyelenggaraan Pilgub Sumut tahun ini," demikian tutur Rasyid.

Sumber: RMOL

--------

Menanggapi digugurkannya calon gubernur yang diusung Partai Demokrat, kader Gerindra Habiburokhman, SH memberikan reaksi keras.

Beberapa warganet pun turut menanggapi keputusan KPU Sumut untuk menggugurkan pasangan calon Gubernur Sumut JR Saragih dan Ance Silaen.






Baca juga :