KOMPAK Tangani Banjir, Anies Baswedan dan Bima Arya Dibanjiri Pujian Warganet


[PORTAL-ISLAM.ID]  Hujan deras yang turun di kawasan Bogor akhirnya menyebabkan debit sungai Ciliwung melonjak tajam.

Siang ini, air Sungai Ciliwung yang melintasi kota Bogor terpantau cukup deras. Dari pantauan di kawasan Bogor, arus sangat deras mengaliri kawasan Sempur dan sebagian area Warung Jambu dan Kedung Badak sudah digenangi banjir. Sementara di kawasan Puncak terjadi longsor yang menyebabkan jalan ke arah Puncak ditutup untuk sementara waktu.

Walikota Bogor Bima Arya, dalam peninjauannya ke Bendung Katulampa menyatakan kondisi Bendung Katulampa sudah siaga satu.

Bima pun menegaskan pihaknya terus berkomunikasi dengan pihak Pemprov DKI Jakarta dalam hal ini Gubrenur Anies Baswedan.

"Sudah siaga satu. Batas siaga satu kan 220 sentimeter. Saya sudah komunikasi dengan Pak Gubernur dan melaporkan perkembangan di sini agar bisa mengantisipasi," ucap Bima.

Bima mengingatkan Anies, bahwa dalam 9 jam atau kurang lebih malam ini, banjir akan menggenangi Jakarta.

Di luar dugaan, Anies Baswedan langsung merespon dan menyiagakan seluruh aparat dan warga Jakarta untuk mengantisipasi banjir.

Lebih dari 450 pompa air di Jakarta kini dalam kondisi siaga sementara 30 pompa bergerak disiagakan di sejumlah titik rawan, yakni Cililitan, Balekambang, Bukit Duri, Cawang, Bidara Cina, dan Kampung Melayu.

"Per jam ini, di hilir sudah disiapkan lebih dari 30 pompa mobile yang siap bergerak kapan saja," kata Anies.

Selain itu, Pemprov DKI juga membuka seluruh pintu air di Ibu Kota.

"Kita semua berharap bahwa hujan di Jakarta juga tidak terlalu deras, sehingga aliran air bisa lebih cepat lagi bergerak ke muara," kata Anies.
Sementara di Bogir, Bima sudah menyiapkan seluruh aparat untuk menghadapi banjir ini,

"BPBD siap, Tagana siap, logistik disiapkan, posko-posko disiagakan. Saya juga sudah berkoordinasi dengan polisi untuk mengantisipasi arus lalu lintas karena ada jalur yang ditutup dan dialihkan akibat luapan air," pungkasnya.

Kesiagaan kedua aparat pemerintah daerah ini mendapat pujian warganet.