Anis Matta: Kepemimpinan diuji oleh situasi krisis.. Laut tenang tak melahirkan nahkoda andal



Kepemimpinan diuji oleh situasi krisis.. Laut tenang tak melahirkan nahkoda andal

Oleh: Ustadz Anis Matta

Film “Darkest Hours” sangat menarik dan perlu ditonton oleh kaum muda.. Seperti judulnya, film ini mengisahkan jam demi jam tergelap pemerintahan PM Winston Churchil di awal Perang Dunia II.

Ketika militer lumpuh dan bayangan kekalahan di depan mata, sebagian anggota kabinet menyarankan Churchill mengajukan perundingan damai pada Hitler.

Churchill paham.. “Perundingan damai” sesungguhnya berarti menyerah dan tunduk pada Jerman.. Lebih dari itu: takluk pada teror dan fasisme.

Kita kerap melihat musuh begitu kuat dan adidaya.. Justru di situlah keyakinan dan keberanian kita sedang ditantang.. Kadang musuh jadi makin besar oleh ketakutan kita.

Kepemimpinan diuji oleh situasi krisis.. Laut tenang tak melahirkan nahkoda andal.. Keyakinan dan keberanian adalah kompas sesungguhnya.

Setiap kita pernah menghadapi krisis yang menguji keyakinan dan keberanian kita, dalam berbagai dimensi dan ukuran.. Keyakinan membawa kita menembus badai.

Dalam setiap krisis, musuh utama kita adalah keragu-raguan dan ketakutan.. Kita membutuhkan keyakinan untuk mengalahkan keragu-ragunan.. dan keberanian untuk menaklukkan ketakutan.

Kaum muda perlu menonton film ini untuk belajar tentang harga keyakinan dan strategi memperjuangkan keyakinan itu.

Krisis yang akan kalian hadapi di masa depan akan lebih kompleks.. Tapi percayalah pada kekuatan keyakinan dan keberanian.. Kobarkan semangat Indonesia!!

(01/02/2018)