Anies Sigap Tangani Banjir, Ini Apresiasi Warga yang Bikin Haters Klenger


[PORTAL-ISLAM.ID]  Banjir yang melanda kawasan Jakarta sejak Senin 5 Februari 2018 lalu berangsur surut dengan cepat. Penumpukan sampah yang sebelumnya sempat terjadi di beberapa titik juga sudah bersih.

Dilansir dari laman facebook resmi Pemprov DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta telah memastikan tiga lokasi yang dialiri arus Sungai Ciliwung telah bersih dari sampah. Ketiga lokasi yang dimaksud masing-masing Banjir Kanal Barat (BKB) Season City, Pintu Air Manggarai dan Jembatan Kampung Melayu. Berdasarkan laporan Jumat pagi tanggal 9 Februari 2018, di tiga lokasi itu sudah bersih dari sampah.

Kamis malam 8 Februari 2018, Dinas Lingkungan Hidup masih mengangkut 2.151 ton sampah di aliran Sungai Ciliwung dengan rincian 96 ton di BKB Season City, 555 ton di Pintu Air Manggarai dan 1.864 ton Jembatan Kampung Melayu. Namun di pagi hari sudah bersih karena kerja keras mereka yang luar biasa dari pagi sampai tengah malam demi bersihnya 3 wilayah tersebut dari sampah.

Kecepatan kerja Dinas Lingkungan Hidup juga tak lepas dari peran Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Tak tanggung-tanggung, Anies rela tidak tidur demi memantau pergerakan banjir di Jakarta dan selalu melihat perkembangannya detik ke detik, menit ke menit.. Tumpukan sampah yang menggunung di beberapa aliran sungai pun segera diangkat dengan alat berat.

Kecekatan Pemprov DKI dalam mengatasi banjir pun menuai pujian dari warga.
Warga nampak gembira dan berebut menyalami Anies saat Gubernur, yang mereka pilih dengan sukacita tahun lalu, mengunjungi mereka di tengah bencana.

Di antara begitu banyak momen kebahagiaan warga saat dikunjungi Anies, ada satu momen yang mencuri perhatian warganet. Yaitu saat Anies dengan penuh kasih sayang mencium tangan seorang anak yang menjadi korban banjir.

Pujian dan apresiasi kepada Pemprov DKI juga disampaikan seorang warganet Prayudhi Azwar yang menuliskan pujian tersehut melalui laman facebook pribadinya.

Sbg rasa syukur selaku warga DKI atas kerja keras, kerja cerdas dan kerja cepat dr dinas Pemprov DKI, sy apresiasi dan terima kasih.

Lebih dr 2.151 ton sampah dari hulu Sungai Ciliwung, 96 ton di BKB Season City, 555 ton di Pintu Air Manggarai dan 1.864 ton di jembatan Kampung Melayu berhasil dibersihkan dengan cepat atas kerja keras komunal.

Kerja luar biasa dari pagi sampai tengah malam demi bersihnya wilayah DKI dari sampah, membuat genangan yg tahun2 lalu mencapai lebih 93 titik dan bahkan menyentuh istana, simbol negara, tahun ini hanya 11 titik dan banjir kiriman katulampa yg siaga satu, lancar teralirkan ke laut.

Tantangan berikutnya adalah bagaimana dlm kondisi normal, sebanyak mungkin air hujan dan air sungai mampu diserapkan sebanyak2nya ke dalam tanah Jakarta, agar sumur-sumur terisi dan permukaan tanah Jakarta tidak terus turun. Salah satunya, perlu menyiapkan jutaan lubang2 baru biopori hingga ke selokan2 perumahan2 warga. Dan ini bisa dikerjakan dengan melibatkan partisipasi dari sebanyak mungkin warga Jakarta spt saya. Kawan2 mau ikutan?

Sekali lagi, terima kasih atas kerja keras sebagai satu tim yang berbaris teratur lagi kokoh, yang dalam diam dan senyum yang ikhlas, mampu mendamaikan hati-hati yang masih resah..gelisah.