Ancam Copot Kapolda dan Pangdam Jokowi DIKULITI LetJem (Purn) Suryo Prabowo


[PORTAL-ISLAM.ID]  Presiden Joko Widodo mengingatkan kembali soal sanksi yang akan dijatuhkan kepada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) jika terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerahnya masing-masing.

Dalam pengarahan Presiden saat rapat koordinasi nasional pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2018‎, di sampaikan bahwa penanganan kebakaran hutan dan lahan telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) yang melibatkan semua pihak. Di antaranya, masyarakat, perusahaan, Gubernur, Walikota, Bupati, Pangdam, Danrem, Kodim, Kapolda, Kapolres yang ada di daerah-daerah.‎

"Aturan main kita masih sama, saya sudah janjian dari Panglima TNI dan Kapolri. Masih ingat? Ya dicopot, sudah tegas. Ini saya ulang lagi, kalau ada kebakaran di sebelah mana, saya telepon Panglima TNI, ganti Pangdamnya, kebakaran tidak rampung di Provinsi mana, telepon Kapolri, ganti Kapolda," tutur Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa, 6 Februari 2018.

"Kalau kecil lagi, Kapolresnya. Ini langkah yang efektif untuk gerakkan Satgas dilapangan, kalau ganti Gubernur tidak bisa," tambah Jokowi.

Sementara itu, Jokowi mengapresiasi yang tinggi kepada Satgas karena dalam dua tahun periode 2016-2017, terdapat kemajuan yang sangat signifikan dalam penanganan karhutla yang tercermin dari data titip panas atau hot spot.

"Ada penurunan hot spot yang sangat signifikan, tahun 2015, 21.929 hot spot, kemudian 2016 turun drastis jadi 3.915, turunnya sangat drastis, 2017 turun jadi 2.567 hot spot, penurunannya sangat jauh sekali," tutur Jokowi.

Sumber: Tribunnews http://www.tribunnews.com/nasional/2018/02/06/jokowi-ancam-copot-jabatan-pangdam-dan-kapolda-jika-terjadi-kebakaran-hutan-di-wilayahnya

-------

Ancaman Jokowi ini direspon keras Let.Jen (Purn) Suryo Prabowo. Menurutnya, Jokowi panik dan tak percaya diri.

PANIK tanda tak PeDe. Sejak kapan tugas pokok TNI itu mencegah terjadinya kebakaran hutan?", tanya Suryo Prabowo melalui akun twitter @marierteman.
Tanggapan keras Suryo Prabowo ini mendapat respon beragam warganet. ‎