Alhamdulillah... 1 Lagi Janji Anies Terpenuhi

IMG42

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut program drainase vertikal guna mengurangi banjir di ibu kota sudah dilaksanakannya sejak Februari, tetapi ia sengaja belum mau mengumumkannya.

Program drainase vertikal adalah salah satu janji Anies dan wakilnya, Sandiaga Uno sejak masa kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI 2017.

"Sudah. Bahkan, Februari ini sebenarnya proses inspeksi jalan. Cuma nggak mau diumumkan dulu asalnya," kata Anies di Jakarta, seperti dilansir CNN Indonesia (8/2/2018).

Anies mengatakan, drainase vertikal diperlukan bila curah hujan di Jakarta terbilang tinggi. Dengan begitu, air hujan tidak semua tertampung di sungai, melainkan terserap ke dalam tanah.

"Kalau curah hujan di Jakarta tinggi, maka dimasukkan ke dalam tanah," ujarnya.

Saat kampanye, Anies mengatakan persoalan banjir yang melanda Jakarta tidak dapat diselesaikan hanya dengan satu solusi. Menurutnya, perlu berbagai pendekatan untuk bisa mengatasi persoalan yang berlangsung setiap musim penghujan ini.

"Jadi ada yang harus dibereskan dengan penambahan situ. Ada yang harus dibereskan dengan vertical drainage. Ada yang harus dibereskan dengan pengerukan. Jadi tidak satu solusi untuk seluruh masalah," kata Anies pada Februari 2017 lalu.

Solusi pertama yang ditawarkannya adalah dengan pengendalian air yang turun melalui sumur resapan atau drainase vertikal. Solusi kedua, penampungan air melalui situ atau waduk dan membenahi penyerapan di daerah hulu.

[video]

Baca juga :