Aksi Berani Ketua BEM UI Beri Kartu Kuning Jokowi, Banjir Pujian Netizen


[PORTAL-ISLAM.ID] Ada pemandangan menarik saat Presiden Joko Widodo menghadiri acara dies natalis ke-68 Universitas Indonesia hari ini, Jum'at (2/2/2018). Saat Jokowi baru saja selesai pidato di area Balairung UI, ada seorang mahasiswa yang berdiri kemudian memberikan kartu kuning untuk Jokowi.

Mahasiswa pemberani yang berdiri memberikan kartu kuning tak lain adalah Ketua BEM UI 2018. Ia bernama Zaadit Taqwa yang merupakan mahasiswa aktif dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dalam video yang tersebar, Zaadit tampak berdiri seorang diri di hadapan Jokowi, kemudian mengacungkan kartu kuning (buku kuning) ketika Jokowi baru saja menyelesaikan pidatonya.

Sontak Paspampres menggiringnya untuk mundur. Saat digiring paspampres, Zaadit tetap mengacungkan kartu kuning ke arah Jokowi.

Aksi simbolik membunyikan peluit dan pemberian kartu kuning yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo, bermaksud untuk memberi peringatan Presiden karena masih banyak isu yang membuat masyarakat resah atas kondisi Indonesia.


Aksi berani Ketua BEM UI Zaadit Taqwa ini ramai diperbincangkan di sosial media dan banjir pujian netizen. Tagar #KartuKuningJokowi dan "Ketua BEM UI" jadi Trending Topik di lini masa twitter.



Ternyata Mahasiswa masih ada!


Politikus Golkar yang merupakan Alumni UI Indra J Piliang memuji aksi Ketua BEM UI ini.,

"Biasanya, Ketua BEM UI lebih konservatif dari aktivis2 mahasiswa lainnya. Dianggap "Anak Rektorat" -- saia juga digituin dulu, karena emang sempat magang di Rektorat UI hehehe --. Mknya aksi Ketua BEM UI skrg tergolong keren," kata Indra J Piliang di akun twitternya.

@roninkhalid"Zaadit Taqwa, ketua BEM UI. Ingat nama mahasiswa pemberani ini. Kepada follower ku yang tahu akun twitter beliau mohon sampaikan #SalamPerlawanan & dukungan penuh Ronin. Jangan takut, Allah bersama para PEMBERANI," tulis akun .

@bambangelf: "Aksi Kartu Kuning Ketua BEM UI pd Presiden RI itu masih dlm kategori Kritik yg Baik. Dia cerdas. Mampu menganalogikan peringatannya dlm sebuah aksi yg tidak berbahaya, sopan tapi menarik perhatian.. Pak @jokowi mohon undang dan ajak dia berdiskusi di Istana.. dia tidak berbahaya."

@Ronin1948: "Kartu kuning untuk presiden Jokowi yang diberikan ketua BEM UI... Akibat tindakan tidak fair play kepada rakyat, suka lakukan 'diving' dalam bentuk pencitraan dan sering marah-marah kepada diri sendiri." 

Dosen UI Rocky Gerung juga mengapresiasinya dan berharap mahasiswa pemberani ini tidak malah dikasih kartu merah sama UI.