Adem Banget...Viral Foto Bersama Para Biarawati, Body Language Sudirman Said Dipuji Warganet


[PORTAL-ISLAM.ID]  Foto calon Gubernur Jawa Tengah Sudirman Said bersama para biarawati viral di media sosial. Dalam foto tersebut, nampak Sudirman Said dengan santun mendengarkan penuturan seorang biarawati, sementara nampak biarawati lainnya juga menyimak sembari tertawa. Sungguh sejuk rasanya melihat calon pemimpin daerah yang sangat majemuk seperti Jawa Tengah bercengkerama dengan santun bersama umat yang berberda agama.

Sikap santun Sudirman Said ini diamati secara mendalam oleh aktivis anti korupsi, Zeng Wei Jian.

Melalui akun Facebook-nya, Zeng Wei Jian mengomentari body language Sudirman Said.

"Body language" artinya bahasa tubuh. Sebuah komunikasi non verbal. Perilaku, gerak-gerik, intonasi, ekspresi muka, use of space dan mata menggantikan kata-kata.

Setiap orang punya sinyal. Constantly throwing off a storm of signals. Mikroekspresi seperti senyum, hand gestures, pundak, tolak pinggang dan sebagainya merupakan orkestra diam yang beritahu apakah seseorang itu sombong, baik, licik, culas, jujur dan simpatik.

Misalnya, komparasi "body language" Sudirman Said dan Ganjar Pranowo di bawah ini. Kita bisa dengan jelas melihat mana yang santun di hadapan para pemuka agama.



Sudirman Said tampak punya “kemampuan mendengar”. Ini adalah salah satu kualitas yang diperlukan seorang pemimpin.

Penulis: Zeng Wei Jian