CATATAN PERJALANAN: Umat Islam Palestina Sangat Mengharapkan Saudara Muslim Berkunjung ke Al Aqsa


CATATAN PERJALANAN KE AL-AQSA oleh DR. Susiana Binti Tabrani (putri dari Tokoh masyarakat Riau Prof. Dr Tabrani Rab) yang baru saja berkunjung ke Al Aqsa Yerusalem Palestina, yang diposting di akun fbnya (02/01/2018):

Kata Erdogan "ramai-ramai lah kunjungi masjid Al Aqsa". Memang setiap kita ngurus visa, US $100 jadi untuk pemerintah Israel laknatullah, dan seperti mengakui dia sebagai penguasa Palestina👊😠😡

Semua petugas imigrasi, orang Israel yang super ketus, sombong, bersenjata, tak boleh salah cakap, tak boleh ada hal-hal mencurigai sedikitpun..bahkan pernah ikut kongres apa yang dia curiga..ditanya detail-detail.

Kalau belanja, pakai mata uang Israel...tinggal di hotel orang Israel juga, (itu yang paling dekat dg Al Aqsa)...tapi pekerja-pekerjanya seperti c.s, pelayan resto, orang Arab Palestina (mirip org Cina di kita, dia owner..jongos2nya pribumi) 😖

Hanya itu satu-satunya jalan bertemu saudara-saudara Palestina di sana dan bisa shalat di masjidil Aqsa.

Tapi saudara-saudara disana sangat harapkan kehadiran kita. Sangat. Sampai nangis-nangis terharu karena kita mau datang. Kalau ngobrol panjaaang sama mahasiswa-mahasiswa, banyak bisik-bisik...harus dalam masjid!

Bisa langsung dapat info (dari orang Palestina) kalau dalam masjid, ngobrol-ngobrol dengan saudara disana..ada mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosen Al Quds University yang fasih berbahasa Inggris. Tidak ada cctv (di dalam masjid). Kalau di lorong-lorong sebelum masjid, cctv tiap 2 meter.

Juga kalau mau ngeteh di rumah saudara kita itu harus dibuat seperti kebetulan..jangan jalan bareng. Cemas dan tegang! tapi begitulah kalau mau merasakan semua yang saudara kita rasakan. Bisa ngasi bantuan langsung. Dan hadir di masjid yang Rasulullah suruh untuk dikunjungi.

لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلَاثَةِ مَسَاجِدَ مَسْجِدِ الْحَرَامِ وَمَسْجِدِي هَذَا وَالْمَسْجِدِ الْأَقْصَ

"Tidak dikerahkan (diserukan) melakukan suatu perjalanan kecuali menuju tiga Masjid, yaitu Masjid Al-Haram (di Mekkah), Masjidku (Masjid An-Nabawi di Madinah), dan Masjid Al-Aqsha (di Palestina)". (H.R. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu).

(NB: foto di atas dari kamera sendiri di Jerussalem/Al Quds Timur)

___
*dari fb Susiana Binti Tabrani (02/01/2018)

Baca juga: Erdogan Menyerukan Ratusan Ribu Muslim Mengunjungi Yerusalem Untuk Mendukung Warga Palestina