Tanggapi Gimmick “Hoax Membangun”, Ini Komentar MAKJLEB Rocky Gerung


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ada tagar baru yang langsung jadi trending topic di Twitter hari Rabu, 3 Januari 2018 kemarin, yaitu #HoaxMembangun. Tagar ini bermula dari istilah yang dikenalkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi usai dilantik Presiden Jokowi.

"Kalau hoax itu membangun, ya kita silakan saja, tapi jangan terlalu memproteslah, menjelek-jelekanlah, ujaran-ujaran yang tidak pantas, saya rasa bisa dikurangi," kata Djoko Setiadi di Istana Negara, Rabu, 3 Januari 2018.

Menyikapi istilah itu, dosen Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung melontarkan tanggapan singkat yag makjleb.

“Gue kate juge ape,” tandas Rocky Gerung, Rabu, 3 Januari 201i menjawab berita berjudul Kepala Badan Siber: Kalau “Hoax” yang Membangun, Silakan Saja.

Sebelumnya, Rocky Gerung mengatakan bahwa para ‘kecebong’ secara rutin dilatih di Pusat Hoax Nasional.

“1. Bong tak paham perbedaan. Mereka cuma tahu permusuhan. 2. Mereka dilatih untuk membenci yang berbeda. Pelatihnya dibayar untuk itu. 3. Secara rutin mereka dilatih di Pusat Hoax Nasional,” kata Rocky Gerung melalui akun Twitter pribadinya, @rockygerung, 20 Desember 2017 lalu.

Ini pula yang dihubungkan oleh netizen dan diretwit Rocky Gerung menanggapi istilah “hoax yang membangun.”

“@rockygerung .. Judul Berita ini mengingat sy dgn Twit anda yg Fenomenal itu.. "Hoax terbaik adalah....."” kata @ferly_norman.