Tahun Baru, Anies-Sandi Bahagiakan Warga Lahir Batin, Dari Nikah Massal, Santunan Yatim Sampai Bazzar


[PORTAL-ISLAM.ID] Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno menggelar berbagai kegiatan dalam merayakan Tahun Baru 2018. Apa saja kegiatan itu?

1. Nikah massal

Jelang perayaan tahun baru 2018, 437 (sebelumnya ditulis 430) pasangan mengikuti nikah massal yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ratusan pasangan dari berbagai Kelurahan di seluruh wilayah DKI Jakarta ini melakukan ijab kabul di lapangan Thamrin 10, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu malam 31 Desember 2017.

Tak tanggung-tanggung, Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno langsung menjadi saksi nikah salah satu pasangan.

"Sah," kata Anies saat menjadi saksi akad nikah salah satu pasangan.

Masing-masing pasangan terdapat penghulu dan juga petugas dari Kelurahan dan Kecamatan. Selain itu ada juga saksi nikah.

Ratusan pasangan yang melaksanakan akad nikah dinyatakan sah setelah melaksanakan ijab kabul. Dengan demikian ratusan pasangan ini menikah sah secara agama dan tercatat oleh negara.

2. Santunan untuk Anak Yatim

Swlain nikah massal, Anies dan Sandi juga memberikan santunan kepada 106 anak yatim di sela-sela acara nikah masal.

Santunan tersebut diberikan kepada anak-anak yatim yang berasal dari beberapa panti asuhan sekitar Jakarta Pusat.

Dalam memberikan bantuannya Anies terlihat jongkok di hadapan anak-anak yatim, hal ini dia lakukan agar dapat berinteraksi lebih dekat bersama anak penerima bantuan ini

Diketahui total santunan ini sendiri diperkirakan bernilai hingga Rp 53 juta, atau sekitar Rp 500 ribu per anak.

"Dipersilahkan kepada Bapak Gubernur beserta Wakil untuk memberikan santunan kepada anak yatim, dengan jumlah Rp 500 ribu per orang," ucap pembawa acara yang enggan disebutkan namanya.

Pemberian santunan ini disambut meriah oleh warga dan jajaran panti asuhan yang hadir di acara malam ini.

3. Bazzar dan pameran  di Car Free Night

Pemprov DKI juga menyiapkan acara spesial lainnya. Puluhan kendaraan operasional milik Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI akan dipamerkan di tengah kawasan Car Free Night.

Kendaraan operasional yang dipamerkan milik 9 SKPD, yakni, Dinas Sumber Daya Air, Dinas Bina Marga, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kehutanan, Dinas Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas PPAP, dan Dinas Perpustaakan dan Arsip.

Sementara itu, di sepanjang area Car Free Night, yakni di ruas Jl MH Thamrin hingga Sudirman,  ada tiga panggung musik besar. Selain itu, akan didirikan ratusan tenda kuliner khas dari 34 provinsi dan bazar kerajinan tangan.