PSI Galang Dana Partai dari Masyarakat, Netizen Bereaksi Keras: Preeet...!


[PORTAL-ISLAM.ID]  Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan meluncurkan program penggalangan dana publik yang diberi nama “Donasi Solidaritas”. Program ini akan diluncurkan dalam acara yang berlangsung di Metro Coffee, Jakarta Pusat, Jumat 19 Januari 2018.

Menurut Ketua Umum DPP PSI Grace Natalie, program ini dihelat untuk mendorong perbaikan iklim berpolitik di Tanah Air.

“Selama ini, partai politik hidup dari uang satu atau beberapa orang saja. Kondisi ini membuat partai tidak independen, hanya melayani kepentingan penyandang dananya,” kata Grace dalam keterangan tertulisnya, Kamis 18 Januari 2018.

Menurut Grace, partai harus didanai oleh publik agar independen dan tidak punya beban mental untuk balas budi ke seseorang. Kalau ingin melihat politik yang bersih, menurut Grace, publik harus ikut membiayai parpol sebagai bentuk tanggung jawab bersama.

“Dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai operasional partai, termasuk membiayai para caleg PSI yang akan bertarung di Pemilu 2019,” ujar Grace.

Grace mengatakan, nilai donasi ada enam jenis, mulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 1 miliar per tahun. Para donatur akan diberikan Kartu Solidaritas Anti Korupsi dan Intoleransi atau Kartu SAKTI, yang juga bisa berfungsi sebagai e-money.

Menurut Grace, ada sejumlah manfaat dengan menjadi penyumbang PSI. Manfaat paling penting adalah bisa turut menentukan arah kebijakan partai.

"Terkait politic privilige sama. Hak suara penyumbang Rp 25.000 dan Rp 1 miliar sama- sama satu," kata Grace.

Sebenarnya, lanjut Grace, PSI sudah sering melakukan penggalangan dana. Hanya saja, caranya masih tradisional dengan mengundang satu per satu seseorang atau satu komunitas

“Sekarang, kami mau formalkan prosesnya, agar bisa melibatkan lebih banyak orang dan lebih efisien. Dengan demikian, akan lebih banyak orang yang bisa memiliki PSI,” kata mantan presenter TV berita ini.

Untuk yang pertama, PSI menggelar acara di Jakarta. Selanjutnya, acara serupa akan digelar di kota-kota lain di seluruh Indonesia.

Sumber: Kompas
------

Menanggapi keinginan PSI untuk menggalang dana dari masyarakat, netizen merespon dengan skeptis. Pasalnya, hingga saat ini saja, partai tidak tidak terus terang menyebutkan sumber pembiayaan dari mana saja.

Berikut cuitan-cuitan pedas netizen.









Baca juga :