Pertumbuhan Islam di Inggris Paling Cepat, Kini Islam Agama Terbesar Kedua di Inggris


[PORTAL-ISLAM.ID] LONDON - Penelitian baru telah menemukan bahwa Islam adalah agama dengan pertumbuhan tercepat di Inggris, bahkan semakin sedikit orang yang menjadi anggota Gereja Inggris.

Dalam dua tahun terakhir, Gereja Inggris kehilangan dua juta pengikut, sementara jumlah Muslim di Inggris tumbuh satu juta, menurut Survei NatCen's British Social Attitudes.

[New research has found Islam to be the fastest growing religion in the UK, even as fewer people are becoming members of the Church of England. In the past two years, the Church of England lost two million followers, while the number of Muslims in Britain grew by a million, according to NatCen's British Social Attitudes Survey.]

Islam is the second largest religion in the United Kingdom...

Kini Islam adalah agama terbesar kedua di sana. Islam adalah agama resmi yang tumbuh paling cepat di Inggris. Para pengikutnya berusia muda dari semua kelompok agama.

Populasi Muslim Inggris pada 2011 mencapai 2.786.635 orang. Jumlah ini lebih banyak 1,55 juta orang bila dibandingkan hasil sensus 2001.

Pada tahun 2014 jumlah penduduk Muslim di Inggris meningkat menjadi 3.114.992. Sekitar setengahnya atau 1.554.022 orang lahir di luar negeri. Di seluruh Inggris dan Wales populasi Muslim berjumlah 3.047.000 atau 97,8 persen dari seluruh Muslim Inggris atau 5,4 persen dari total populasi.

Hampir 95 persen Muslim tinggal di negeri yang kini dipimpin Ratu Elizabeth II, putri pertama penguasa Inggris sebelumnya, Raja George VI. Tiga perempat Muslim tinggal di London, Yorkshire, dan Humberside. Sensus 2011 menunjukkan, ada 77 ribu Muslim di Skotlandia, 46 ribu orang di Wales, dan 3.800 Muslim di Irlandia Utara. Sebagian dari mereka adalah warga asli Inggris.

Antara tahun 2001 dan 2009, populasi Muslim meningkat hampir 10 kali lebih cepat daripada populasi non-Muslim. Mayoritas mereka yang ada di Inggris berafiliasi kepada Sunni secara teologi.

Pengaruh Islam di Inggris juga makin meningkat.

Sumber: Wikipedia, DLL