Mobil Esemka Garuda 1 Mirip dengan Produk China, Netizen: Bukan Mirip, tapi ganti Merek


[PORTAL-ISLAM.ID] Setelah lama tak ada kabar pasca Pilpres 2014, mobil ESEMKA kembali meramaikan publik.

Adalah warganet akun Facebook ‎Din M Sarjia di group Motuba pada Selasa (30/1/2018) menyebarkan foto-foto tampilan mobil Esemka Garuda 1.

Selain penampakan yang ramai dibicarakan warganet, mobil Esemka Garuda 1 yang viral lewat sosial media ini menimbulkan pertanyaan besar. Benarkah mobil ini mirip dengan merek buatan China?

Dilansir otosia.com, dari tiga gambar yang ada (yang dishare akun Facebook ‎Din M Sarjia), terlihat SUV ini memiliki aksen mewah dengan aksesori pilihan seperti body moulding beraksen krom dan juga kaki-kaki alloy.

Ketika diulik dari sisi buritan mobil, mobil ini memang memiliki kemiripan dengan konsep yang dimiliki oleh Foday Landfort yang telah diluncurkan pada tahun 2015 silam.

Silakan cek: http://chinaautoweb.com/car-models/foday-landfort-suv/?pid=31666

Foday Landfort sendiri merupakan varian yang diproduksi oleh Guangdong Foday Automobile Co dari China.

Berdasarkan komparasi gambar di atas, terlihat keduanya memiliki kedekatan dan nyaris identik mulai dari lampu spoiler, bentukan kaca belakangan, stop lamp hingga pintu. Selain itu, dua tail lamps merah yang dipasang pada bumper belakang pun nyaris serupa. Sayangnya, tidak terlalu banyak informasi yang bisa dikorek mengenai bentuk muka mobil.

Tampilan mobil Esemka Garuda 1 yang mirip produk China ini menurut netizen dikatakan bukan saja mirip, tapi cuma ganti merek.

"Bukan Mirip... itu memang merek nya aja yg diganti....," komen akun Joeneidhie Jun di situs otosia.com.

Sementara banyak netizen yang menyebut hadirnya Esemka pertanda Pilpres sudah dekat.

"taarrraaaaaaaaaa.. jelang 2019 dia muncul kembali πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… ...," ujar akun Prataph Singh di gorup Motuba.