MANTAP! Habis KPK Jakarta, Terbitlah Jakarta Satu


[PORTAL-ISLAM.ID]  Pasca membentuk Komite Pencegahan Korupsi, Pemprov DKI Jakarta kembali menunjukkan keseriusannya dalam upaya pencegahan korupsi dengan meluncurkan Jakarta Satu.

Jakarta Satu merupakan program yang dimaksudkan untuk menghasilkan satu pemetaan dari berbagai sektor atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Provinsi DKI Jakarta demi menghasilkan kebijakan yang menyatu alias one map one data one policy.

"Kita memulai sebuah langkah baru yaitu pengintegrasian dari kegiatan di Pemrov DKI lewat Jakarta satu. Dimana di sini disebutkan taglinenya itu satu peta satu data satu kebijakan," kata Anies dalam sambutannya, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu 17 Januari 2018.

Anies berharap program yang dikerjakan oleh Komite Pencegahan Korupsi (Komite PK) DKI Jakarta yang juga bekerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) DKI.

“Kita bisa melakukan pencegahan kebocoran dan potensi korupsi dan melakukan transformasi kebijakan menjadi lebih berpihak kepada rakyat dengan memperbanyak subsidi dan kemudahan terutama bagi warga miskin dan mereka yang terpinggirkan,” jelasnya.

Tak hanya itu, Anies juga berharap program Jakarta Satu juga nantinya bisa menjadi landasan untuk membuat kebijakan. Pasalnya menurut dia, kebijakan bakal diambil berdasarkan kenyataan di lapangan, bukan persepsi.

"Kita mulai data dasarnya dari Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan, ini mulainya. Tapi kemudian kita sambung saat ini, ada dari pajak dan retribusi, kemudian air, lalu aset. Nanti juga kita tambah pemerintahan bisa masuk juga. Sehingga Pemrov DKI punya tanggung jawab untuk mengahadirkan keadilan sosial," tutup Anies.
Baca juga :