KEREN! Anies-Sandi SIAP Bangun LRT Kelas Dunia di Jakarta


[PORTAL-ISLAM.ID]  Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan siap membangun Light Rail Transit (LRT) berkelas dunia dengan melakukan kerja sama yang baik dengan dunia usaha dengan nilai investasi 25 miliar dolar Amerika.

"Tadi kita kedatangan grup Ratu Prabu Energi. Salah satu usaha besar di Indonesia yang membawa konsep yang sudah cukup matang yaitu membangun lebih dari 200 kilometer tambahan LRT di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Sandiaga di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.

Wagub memaparkan total investasi atas proyek ini sekitar 25 miliar dolar Amerika dan akan dibangun dalam periode lima tahun yaitu dari 2020 hingga 2025. Adapun total dana yang digalang, sekitar Rp320 triliun.

"Ini konsepnya `full business to business` tanpa dukungan dari pemerintah dalam pemberian jaminan, serta melibatkan investor Korea, Cina dan Jepang. Terus terang kami sangat gembira karena ini adalah satu usulan yang sangat konkret dalam mengatasi masalah kemacetan di ibukota," kata Sandiaga.

Ia mengatakan PT Ratu Prabu Energi telah melakukan koordinasi dengan BPTJ (Badan Penyelenggara Transportasi Jakarta) maupun Kementerian Perhubungan. Perencanaan proyek ini akan terus dimatangkan dan dilakukan kajian komperehensif terkait lapangan kerja yang akan tercipta selama proyek berjalan.

"Tapi ini akan memastikan bahwa Jakarta punya transportasi berbasis rel yang tidak kalah dengan kota-kota besar di luar negeri," kata Sandiaga.