Gizi Buruk di Asmat, Jokowi: Akses ke Sana Sangat Berat Sekali; TERNYATA PKS Mampu Kirim Bantuan


[PORTAL-ISLAM.ID] Ada kejadian luar biasa (KLB) di Kabupaten Asmat. Gizi buruk plus campak memakan puluhan korban jiwa anak-anak. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi bahwa memang akses menuju ke lokasi teramat sulit.

"Ya memang kalau kita lihat, saya berikan contoh, medan di sana itu memang sangat berat sekali," kata Jokowi usai menonton sepakbola di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (14/1/2018) malam.

Dia memberikan contoh, dirinya pernah ke Nduga, Papua. Jarak yang harus ditempuh bisa berhari-hari. Begitu juga akses jalan ke Wamena tak kalah sulit.

"Ini sama, Asmat juga sama perjalanan adalah rawa. Di situ harus naik (perahu) boat dua jam sampai tiga jam," kata Jokowi.

Link: https://news.detik.com/berita/d-3814626/gizi-buruk-di-asmat-jokowi-akses-ke-sana-sangat-berat-sekali

***

TERNYATA.... PKS mampu kirim bantuan dan sudah sampai ke Asmat.

[22-01-2018]
PKS Kirim Bantuan bagi Warga Asmat

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Kabupaten Asmat, Papua. Langkah itu diambil menyusul kejadian luar biasa (KLB) campak dan gizi buruk yang berdampak pada 61 kasus kematian.

"Kami telah menerjunkan tim dari Jakarta yang berangkat ke sana dan berkolaborasi dengan lembaga-lembaga kemanusiaan lain," kata Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat DPP PKS Fahmi Alaydroes, Minggu (21 Januari 2018).

Ia menjelaskan bantuan terdiri dari perlengkapan medis beserta tenaga kesehatannya. Ada pula makanan bergizi bagi masyarakat Kabupaten Asmat dalam paket yang dikirim ke sana.

"Bantuan terdiri dari dua kategori yang paling segera dibutuhkan oleh mereka, ada alat-alat kesehatan dengan tenaga medisnya, dan makanan kaya gizi," kata Fahmi lagi.

Dia menjelaskan, PKS juga sudah menerjunkan tim dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) setempat sebelum pengiriman bantuan yang diberangkatkan dari Jakarta.

"Teman-teman di DPD sudah turun dan melaporkan kondisi di sana, insya Allah bantuan lainnya segera menyusul," kata dia.

Link: http://news.liputan6.com/read/3234012/pks-kirim-bantuan-bagi-warga-asmat

PKS Papua Serahkan Bantuan ke Asmat (Full Foto-foto)
http://www.posjaya.com/2018/01/24/pks-papua-serahkan-bantuan-ke-asmat-full-foto-foto/