Fahri: Jokowi Cuma Pencitraan, Faktanya Industri Manufaktur Makin Merosot


[PORTAL-ISLAM.ID] Presiden Joko Widodo memamerkan motor hasil modifikasi Chopperland yang baru saja dibelinya.

"Saya baru saja membeli motor hasil modifikasi Chopperland dari bengkel 'Elders Garage'. Kita menghargai kreasi anak negeri agar mereka terus terpacu berkarya, sehingga suatu saat kita punya produk asli Indonesia yg bisa kita banggakan -Jkw," ujar Jokowi di akun twitternya (20/1/2018).

Sebelumnya saat maju ke Pilpres, Jokowi juga naik ESEMKA yang diklaim cikal bakal mobil nasional. Yang sampai sekarang tak ketahuan juntrungannya.

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menyebut itu semua pencitraan belaka, karena faktanya di zaman pemerintahan Presiden Jokowi justru industri manufaktur makin merosot.

"Pak Jokowi dalam 4 gambar yg hebat:
1. Nurtanio
2. ESEMKA
3. Chopper Land
4. Peran Manufaktur Merosot

Kesimpulan: industrialisasi kita ini pencitraan dan yang nyata adalah de-industrialisasi," kata Fahri Hamzah di akun twitternya, Minggu (21/1/2018).

Apa yang disampaikan Fahri ini berdasar fakta.

[Berita Satu] Kontribusi Manufaktur terhadap PDB Merosot

Industri pengolahan non-migas (manufaktur) berkontribusi 17,94% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, merosot dari kuartal I-2017 sebesar 18,08%. Hal ini terjadi seiring melambatnya pertumbuhan industri dari 4,7% pada kuartal I menjadi 3,96% pada kuartal II tahun ini.

Itu artinya, pertumbuhan industri di bawah laju PDB sebesar 5,01%. Tren ini sudah terjadi sejak akhir 2016. Perlambatan kinerja industri dibarengi penurunan kontribusi terhadap PDB. Kontribusi manufaktur ke PDB terus melorot dari posisi puncak pada 2004 sebesar 28,3% menjadi tinggal 18,2% pada 2016.

Link: http://www.beritasatu.com/bisnis/447027-kontribusi-manufaktur-terhadap-pdb-merosot.html

[MetroTV] Kontribusi Industri Manufaktur Merosot
http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2017/04/18/687659/kontribusi-industri-manufaktur-merosot

Jadi, "pamer" seolah-olah pro pengembangan industri, tapi nyatanya yang terjadi de-industrialisasi.

Itulah PENCITRAAN.