Fahri Hamzah Capres Pilihan Netizen


[PORTAL-ISLAM.ID] Nama Fahri Hamzah di sosial media sangat dominan. Kemunculan nama Wakil Ketua DPR RI asal NTB ini sebagai "top player" di media sosial tidak mengejutkan bagi para pengguna internet jika melihat sisi interaksinya.

Praktisi media digital, Budi Putra, menjelaskan bahwa Fahri Hamzah makin menjadi pemicu pembicaraan di media sosial yang dihuni banyak generasi millenial selama dua tahun terakhir.

Hasil riset lembag survei Radian (Radar Media Nasional) pada bulan September 2017 menempatkan Fahri Hamzah sebagai "politisi Senayan" yang paling berpengaruh di media online dan media sosial.

Selain itu, khusus di Twitter, Fahri Hamzah pada awal Desember 2017 juga mencatatkan diri sebagai tokoh nasional paling diperbincangkan nomor 4, berdasarkan riset resmi TwitterID.

Kemudian, pada akhir Desember 2017, giliran Indonesia Indicator memosisikan Fahri Hamzah sebagai politisi nasional paling vokal di semua platform digital.

Budi Putra yang merupakan analis media digital dan mantan Editor in Chief Yahoo Indonesia mengatakan bahwa karakter atau "personality" sebuah akun media sosial akan menentukan daya pengaruh.

"Akun medsos pejabat publik dan politisi itu tujuannya jelas yakni membangun pengaruh melalui dunia maya. Akun yang mampu bercakap-cakap dengan publik, bukan hanya 'hit and run' atau posting lalu pergi, tentu akan punya tempat secara emosional bagi publik dan followers," kata Budi mengomentari akun Fahri Hamzah.

Tak heran kalau dalam berbagai survei atau polling CAPRES 2019 yang digelar di media sosial Twitter, nama Fahri Hamzah selalu unggul dibanding yang lain.

Pada 9 Januari 2018, polling yang dilakukan akun twitter @dulatips menunjukan Fahri Hamzah dipilih 57% sebagai Capres alternatif, mengalahkan nama Gatot Nurmantyo (34%), AHY (7%), Zulkifli Hasan (2%).

Pada 16 Januari 2018, polling yang dilakukan akun @bang_dw menunjukan Fahri Hamzah meraih suara 72% sebagai "capres PKS versi Socmed", mengalahkan Ahmad Heryawan (22%), Hidayat Nur Wahid (4%), Shohibul Iman (2%).

Pada 19 Janauari 2018, akun Afwan Riyadi‏ (@af1_) menggelar polling:

"Kita buat polling Presiden RI aja. 3 besar Capres versi PKS + Fahri, mana pilihan Anda tweeps?"

Hasil sementara sampai tulisan ini diposting, Sabtu (20/1), dari 6815 pemilih, Fahri Hamzah meraih 65%, disusul Ahmad Heryawan 21%, Anis Matta 10%, Hidayat Nur Wahid 4%.

BAHKAN... saat disandingkan dengan Jokowi dan Prabowo, netizen lebih banyak memilih Fahri Hamzah.

Pada polling yang dilakukan akun @swulll:

"Mau tes negara temlen aahhh..kamu mau pilih mana buat presidenmu?"

Hasilnya... dari 12.573 pemilih, Fahri Hamzah meraih tertinggi 34%, Prabowo 32%, AHY 30%, Jokowi 4%

Gema Fahri Hamzah sebagai Capres pilihan netizen ini sampai ada tagar khusus #fahR1.

Netizen ternyata suka dengan figur yang berani, tegas, lugas, dan cerdas.