Berusaha "Mencabik-cabik Anies, Najwa Justru Dipuji Lieus Sungkharisma. Ada Apa?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Acara “Mata Najwa” episode 100 Hari Anies-Sandi langsung menggegerkan publik usai tayang di Trans TV, Rabu 24 Januari 2018.

Menanggapi hal tersebut, Koordinator Forum Rakyat, Lieus Sungkharisma menilai dengan gaya bertanya seperti itu Najwa justru telah sukses menguji kecerdasan Anies sebagai pemimpin.

“Tak banyak tokoh apalagi pemimpin yang mampu berpikir dan berbicara dengan tenang, jernih dan tetap fokus bila terus menerus dicecar pertanyaan seperti yang dilaukan Najwa itu,” kata Lieus melalui pesan tertulis, Kamis 25 Januari 2018 di Jakarta.

“Kebanyakan orang langsung akan menjadi gugup, kehilangan konsentrasi dan bahkan menjadi emosi. Bandingan sikap Anies yang tetap tenang dengan sikap Luhut Binsar Panjaitan saat diwawancarai tim Najwa soal reklamasi. Luhut menjawab pertanyaan dengan suara tinggi dan penuh dengan nada ancaman,” kata Lieus lagi.

Jadi, tambah Lieus, jika Zeng atau penonton acara “Mata Najwa” malam itu punya persepsi lain tentang cara Najwa membawakan acara tersebut, semua itu tergantung dari sisi mana mereka melihatnya.

“Kalau saya justru melihat cara Najwa itu selain upayanya untuk menjadikan acara tersebut tontonan yang menarik, juga bagian dari caranya untuk menunjukkan pada pemirsa apakah narasumbernya seorang yang cerdas, cool, atau emosional,” ujar Lieus.

Dijelaskan Lieus lagi, seorang yang tidak cerdas dan emosional pastilah akan langsung emosi jika merasa terus disudutkan.

“Tapi malam itu Anies justru terus tersenyum meski Najwa terus mencecar dan memotong pembicaraannya,” kata Lieus.

Anies, kata Lieus lagi, dengan tenang dan runtut menjelaskan berbagai masalah terkait PKL Tanah Abang, Becak, Rumah DP 0 rupiah dan reklamasi mesti Najwa terus menyudutkannya dan seolah tak peduli dengan jawaban yang diberikan.

“Anies tak terlihat risau dengan cecaran pertanyaaan yang diajukan Najwa,” ujar Lieus lagi.

Lieus menegaskan, baginya tak ada yang salah dari cara Najwa membawakan acara tersebut.

“Saya kira justru di situlah letak kecerdasan Najwa. Dia tak hanya menyuguhkan sekedar tanya jawab, tapi mencoba mengorek sisi tersembunyi dari narasumbernya. Dalam hal Anies, saya kira Najwa berhasil melakukannya. Sebab di acara Najwa malam itu kita benar-benar telah diyakinkan bahwa Anies adalah pemimpin yang cerdas, sangat fokus, cool, dan tidak emosional. Berkat Najwa, Anies justru berhasil memberi jawaban yang membangkitkan rasa cinta tanah air dan semangat bela negara," ujar Lieus.

Sebelumnya aktivis Tionghoa, Zeng Wei Jian mengomentari sikap Najwa yang terus nyerocos memotong pembicaraan Anies.

“Alih-alih men-drive talk show, Nana bikin kacau. Penjelasan jernih Anies sering diintersepsi dengan statement ngawur Nana. Bikin kusut talk show,” tulis Zeng lagi.