Tolak Kebijakan Trump, Paus Fransiskus Dukung Erdogan dan Puji Resolusi PBB atas Yerusalem


[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA - Dalam sebuah percakapan telepon pada 29 Desember, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Paus Fransiskus sama-sama memuji resolusi PBB minggu lalu yang menolak pengakuan A.S. terhadap Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Dilansir harian Turki Hurriyet Daily, Paus dan Erdoğan menggarisbawahi pentingnya upaya bersama untuk melindungi status quo Yerusalem, yang suci bagi Islam, Kristen dan Yudaisme, kata sumber dari Kepresidenan Turki.

Awal pekan ini, Paus Fransiskus mendesak sebuah solusi dua negara yang dinegosiasikan untuk konflik Israel-Palestina dan meminta status quo Yerusalem dihormati untuk mencegah konflik lebih lanjut.

"Mari kita berdoa agar kehendak untuk melanjutkan dialog dapat terjadi antara kedua belah pihak dan bahwa solusi yang dinegosiasikan akhirnya bisa tercapai, yang memungkinkan koeksistensi damai dua negara di dalam perbatasan yang disepakati bersama dan diakui secara internasional," kata Paus kepada puluhan ribu orang-orang dari balkon Basilika Santo Petrus di sebuah acara Natal.

Pengumuman Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 6 Desember mengenai perubahan kebijakan A.S. di Yerusalem memicu kecaman di seluruh dunia.

Pada 21 Desember, Majelis Umum PBB dalam sidang darurat akhirnya menyetujui sebuah resolusi yang disponsori oleh Turki yang menolak langkah Trump dengan hasil voting 128 vs 9, dan 35 abstain.