Temui Habib Rizieq, INI yang Dibicarakan Ust. Abdul Somad


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ustaz Abdul Somad di tengah-tengah ibadah umrahnya menyempatkan diri mengunjungi Habib Rizieq Shihab yang tengah berada di Arab Saudi. Dalam pertemuan tersebut, semangat menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) menjadi sari pembicaraan utama.

Pertemuan keduanya diabadikan dalam video berdurasi 15.21 menit yang sudah beredar di YouTube. Dalam video yang diambil Ustaz Derry Sulaiman itu, tampak Ustaz Somad berbusana hitam-hitam, duduk berdampingan dengan Habib Rizieq yang berbusana putih-putih.

Pertemuan yang terjadi di satu ruangan tersebut tampak dipadati jamaah Indonesia. Dalam tausiyahnya, Ustaz Somad mengingatkan, dulu ulama-ulama Indonesia pergi ke Arab Saudi tidak sekadar pergi haji. "Tapi untuk menuntut ilmu, bersilaturahim kepada para ulama," kata Somad sambil menuturkan ulama-ulama Indonesia terdahulu yang pernah menuntut ilmu ke Arab Saudi, Jumat, 30 Desember 2017.

Lalu, Somad mengajak umat mencintai keluarga-keluarga Nabi Muhammad SAW. Ia menceritakan pula kisah Zaid ibn Tsabit yang mencium tangan Abdullah bin Abbas, walau secara umur Zaid jauh lebih tua dari Abdullah.

Ketika ditanya Abdullah, jawaban Zaid mencium tangannya tidak lain lantaran ia merupakan kerabat dari Rasulullah SAW. Karenanya, lanjut Somad, umat Islam yang saat ini tidak lagi bisa bertemu Rasulullah SAW, harus pula menghormati cucu-cucu Nabi Muhammad SAW.

Kemudian, ia menekankan jika siapa saja yang ingin rezeki dan umur dilancarkan agar senantiasa menjaga tali silaturahim. Termasuk, untuk melakukan tabayyun (klarifikasi) seperti yang tengah dilakukan Somad kepada Rizieq. "Clear-lah tuduhan-tuduhan selama ini, ternyata apa pesan yang ana ambil, jaga NKRI harga mati, ini kesimpulan pesan, jaga NKRI harga mati," ujar Somad yang disambut takbir jamaah.

Ia mengingatkan perpecahan yang menimpa negara-negara Balkan, yang tidak lain dikarenakan tidak adanya persatuan. Karenanya, Somad mengajak umat Islam sebagai mayoritas merekatkan Indonesia, sebagai rahmat bagi seluruh alam semesta.

Senada, Habib Rizieq mengaku kehadiran Ustaz Somad sebagai bulan yang menyenangkan hatinya. Ia pun mengajak umat Islam di Indonesia untuk tetap berada di belakang ulama-ulama yang istiqomah.

Rizieq turut mendoakan agar Somad senantiasa menjadi pemersatu umat Islam, dan penjaga bangsa dan negara Indonesia. Menurut Rizieq, tugas pemersatu itu merupakan tanggung jawab umat Islam sebagai mayoritas di Indonesia.

"Umat Islam sebagai mayoritas merupakan perekat yang selama ini telah berhasil menjaga keutuhan NKRI, jadi sekali lagi, NKRI sampai hari ini masih ada masih berdiri tegak di antaranya kerekatan umat Islam dari Sabang sampai Merauke," kata Rizieq.
Baca juga :