Subhanallah...Rela Keruk Kali Bareng PPSU, Anies Banjir Pujian Netizen


[PORTAL-ISLAM.ID]  Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri kegiatan grebek sampah yang digelar UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut digelar di sepanjang aliran Kali Tegal Amba RW 02 Kelurahan Pondok Bambu, Duren sawit Jakarta Timur, Sabtu 30 Desember 2017.

Kehadiran Anies sendiri sontak membuat para PPSU yang saat itu tengah dalam melaksanakan tugasnya kaget, pasalnya kehadiran Anies sendiri tidak terencana sebelumnya.

Tak ayal, Anies yang saat ini mengenakan pakaian orange dan celana kargo warna coklat ikut serta bergabung dengan para PPSU yang saat itu tengah membersihkan sungai.

Anies terlihat belepotan lumpur kali yang semula penuh sampah.

Namun para PPSU yang hadir pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk berfoto bersama walau dalam keadaan penuh lumpur akibat membersihkan sungai.

Dalam kesempatan tersebut Anies menilai walau sungai sudah terlihat bersih namun perilaku masyarakat membuang sampah di sungai masih terlihat.

Menurut Anies, grebek sampah dilakukan berdasarkan aduan warga karena kali mengalami penyempitan dan pendangkalan akibat sedimen lumpur dan sampah.

"Sebanyak 500 petugas kita kerahkan membersihkan sampah yang ada sekaligus mengedukasi warga agar tidak membuang sampah di kali," kata Anies, Sabtu 30 Desember 2017.

Menurutnya, akibat pendangkalan tersebut air sulit mengalir, kedepan perlu normalisasi seperti dikeruk agar menjadi lebar dan dalam serta diagendakan di tempat-tempat lainnya.

Tak hanya itu ia pun mengajak masyarakat agar semakin peduli dan berpartisipasi menjaga kebersihan aliran air agar tak mengganggu kelancaran saluran air.

Adapun program seperti dapat dilakukan setiap satu minggu sekali agar saluran air dapat terjaga dan tidak ada yang tersumbat.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, untuk kegiatan hari ini pihaknya mengerahkan 500 petugas terdiri dari pasukan oranye, pasukan biru serta PPSU setempat, serta 10 truk sampah.

"Hasilnya lumayan maksimal, kedepan setelah bersih kita libatkan RT dan RW untuk memaksimalkan OTT pembuang sampah agar warga jera dan tidak lagi buang sampah di saluran," katanya.

Sumber: wartakota

Melihat hal tersebut, aktivis sekaligus pendukung Anies Zeng Wei Jian pun turut berkomentar.

Tadi pagi Bang Anies ikut turun bersama Tim PPSU keruk Kali Tegal Amba Duren Sawit. Mungkin dalam rangka rayakan akhir tahun nih. Pantes aja banjir cepat diatasi. Gubernurnya perhatian dan turun langsung sih.

Lokasi kali banyak jembatan kayu. Ngga bisa pake alat berat. Bagus juga, jadi harus manual. Dengan gotong royong, chemistry togetherness tercipta.

Ngga ada nih gubernur-gubernur sebelumnya yang kaya gini. Apalagi yang di Mako Brimob dan yang sedang siap-siap nyagub di Sumut. Padahal Sertijab aja buron.

Ati-ati kena beling Bang Anies. Foto-foto ini sungguh mengharukan.






Baca juga :