Subhanallah.... Kealiman Ust. Somad Membuat Ketua PBNU Kagum


[PORTAL-ISLAM.ID]  Ketua bidang pendidikan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Muhammad Sulton Fatoni menyampaikan kekagumannya terhadap kealiman dai yang mencuat namanya akhir-akhir ini, Ustaz Abdul Somad. Namun, menurut Fatoni, Ustaz Somad masih perlu memperbaiki lagi bahasa dakwahnya.

Sulton mengatakan, Ustaz Somad merupakan kader NU karena pernah menjadi Ketua Lembaga Bahtsul Masail PWNU Riau selama lima tahun. Karena itu, menurut dia, konten yang disampaikannya sesuai dengan pemahaman NU yang moderat. Bahkan, Ustaz lulusan S2 Darul Hadits Maroko tersebut dikenal sangat tawadhu terhadap kiai.

"Dari sisi konten beliau bagus. Beliau alim, beliau pinter, tapi dari sisi bahasa dakwah beliau harus tetap belajar mencari diksi yang baik. Kekuatan bahasa materi dengan bahasa dakwah kan berbeda," ujar Sulton, Rabu, 13 Desember 2017 seperti dirilis Republika.

Menurut dia, para kiai NU di pesantren itu mengubah masyarakat menjadi lebih baik karena menggunakan bahasa dakwah yang baik. Sementara secara materi, menurut dia, kiai pesantren biasanya juga lebih dulu melakukan kajian yang panjang dengan menjelaskan kata per kata. Karena dalam satu kata itu bisa mempunyai makna yang banyak.

"Tapi kalau di tengah masyarakat, ketemu dengan masyarakat yang waktunya hanya satu sampai dua jam, kiai itu itu harus lebih menguasi bahasa dakwah," ucapnya.

Dalam menyampaikan dakwahnya, menurut dia, seorang dai harus mempunyai memiliki bahasa dakwah yang mumpuni. Karena itu, ia menyarankan agar Ustaz Somad ke depannya memperbaiki bahasa dakwahnya dengan lebih baik lagi, sehingga beberapa pihak yang berkepentingan tidak mudah menjadikannya kabar hoax.

"Secara materi, moderat. Hanya beliau masih perlu mumpuni atau perlu memilih dengan baik bahasa dakwahnya. Kalau materinya sudah bagus. Alim beliau," katanya.