Pengamat: Soliditas Gerindra, PKS dan PAN Terbukti Ampuh. Mereka Punya Kesamaan Ikatan Batin


[PORTAL-ISLAM.ID] Soliditas koalisi Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) tidak boleh diremehkan karena ketiganya memiliki kesamaan batin.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada SINDOnews, Rabu (27/12/2017) menyatakan, momentum pilkada Jakarta telah merekatkan soliditas mereka dalam banyak hal

Adi menuturkan, soliditas tiga partai tersebut sudah terlihat, bukan saja dalam konteks pilkada, melainkan saat menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (Perppu Ormas) saat dibahas di DPR beberapa waktu lalu.

Kini, kata dia, soliditas mereka semakin kuat setelah pemimpin ketiga partai itu menggelar pertemuan untuk membicarakan langkah strategis untuk memenangkan Pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan kemungkinan besar Pilkada Jawa Timur.

Dia menilai, kesamaan batin telah membuat solid, baik dalam momentum pilkada maupun dalam sikap-sikap politik strategis nasional.

"Jangan anggap remeh semangat dan kekuatan politik Gerindra, PAN, dan PKS. Mereka terbukti sukses menjungkalkan kekuatan besar di Pilkada Jakarta," kata pengamat dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta itu. (Sindonews)