Selain Tidak Akan Hadir, Said Aqil Juga Larang Atribut NU Dipakai di Aksi Bela Palestina di Monas


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengatakan NU tidak akan turut berpartisipasi dalam Aksi Bela Palestina yang rencananya dilaksanakan di Monumen Nasional, Jakarta, Ahad, 17 Desember 2017. “Menyelesaikan masalah bukan hanya dengan aksi,” ucapnya, Jumat, 15 Desember 2017.

Pernyataan Said Aqil tersebut menanggapi pernyataan MUI yang mengatakan semua organisasi masyarakat Islam turut serta dalam aksi yang rencananya dimulai dengan salat subuh berjamaah, dilanjutkan pernyataan sikap berbagai tokoh.

Said menuturkan NU tidak turun ke jalan karena sudah menyatakan sikap mengenai pembelaan terhadap Palestina dan mengecam keras pernyataan sepihak Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Justru yang harus didorong saat ini, menurut Said, adalah upaya secara diplomasi.

“Memperkuat diplomasi seperti apa yang sudah dilakukan Bu Retno (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) dan Pak Jokowi. Itu yang harus kita dorong,” ujarnya.

Link: https://nasional.tempo.co/read/1042627/alasan-said-aqil-siradj-pbnu-tidak-ikut-aksi-bela-palestina

Tidak hanya itu... Said Aqil juga melarang atribut NU dipakai dalam Akse Bela Palestina.

Aksi bela Palestina di Monas, Said Aqil minta atribut NU tidak dipakai
https://www.merdeka.com/peristiwa/aksi-bela-palestina-di-monas-said-aqil-minta-atribut-nu-tidak-dipakai.html

***

SEBELUMNYA...

Ketua MUI yang juga Rais 'Aam PBNU, K.H. Ma’ruf Amin mengajak seluruh masyarakat di Indonesia khususnya umat Islam dari kelompok manapun untuk terlibat dalam Aksi Bela Palestina yang akan dilaksanakan Ahad, (17-12-17) besok.

“Ini kita menyerukan pada seluruh umat Islam dari kelompok manapun, karena ini merupakan wujud daripada persatuan kita umat Islam dalam rangka mendukung kemerdekaan Palestina dan juga membela Palestina dari perlakuan yang tidak adil, penjajahan dari pihak lain,” seru KH Ma’ruf Amin usai mengikuti agenda jumpa pers dan rapat persiapan aksi solidaritas Palestina bertajuk “Indonesia Bersatu Bela Palestina”, di Gedung MUI Pusat, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Kamis, (13/12).

Bahkan K.H. Ma'ruf Amin menyatakan akan langsung memimpin Aksi Bela Palestina ini yang diharapkan menjadi Aksi Bela Palestina terbesar di seluruh dunia.

[Video - Seruang K.H. Ma'ruf Amin]