Negeri Syiah Iran Memanas! 2 Tewas Dalam Demo Anti Pemerintah


[PORTAL-ISLAM.ID] Sedikitnya dua orang yang ikut serta dalam demonstrasi pro-dan anti-pemerintah di Iran terbunuh, media setempat melaporkan, mengutip pejabat. Inilah korban pertama yang dikaitkan dengan demonstrasi massal baru-baru ini yang melanda negeri Syiah.

Kematian tersebut dilaporkan terjadi di kota Doroud (Dorud), 325 kilometer barat daya Teheran, di provinsi Lorestan, Iran barat, kantor berita semi-resmi Mehr melaporkan seperti dikutip Russia Today hari ini, Minggu (31/12/2017).

Habibollah Khojastepour, wakil keamanan gubernur Lorestan, mengatakan kepada kantor berita tersebut, unjuk rasa memicu bentrokan, menambahkan bahwa dua pemrotes tewas dalam bentrokan tersebut.

"Aksi tersebut berakhir dengan damai, namun karena kehadiran [agitator], sayangnya, ini (bentrokan) terjadi," kata Khojastepour. Pejabat tersebut tidak menyebutkan penyebab kematian tersebut, menambahkan bahwa "tidak ada peluru yang ditembak dari polisi dan pasukan keamanan di masyarakat."

Protes yang sedang berlangsung di seluruh Iran dimulai pada hari Kamis (28/12) sebagai demonstrasi melawan kenaikan harga pangan dan tingkat pengangguran. Aksi ini menjadi bola salju gerakan anti-pemerintah terbesar dalam delapan tahun terakhir di negeri para mulah.

Berbicara kepada TV pemerintah, Khojastehpour mengatakan bahwa mereka yang tewas di Doroud menjadi sasaran agen asing, bukan polisi, lapor Reuters. "Kami telah menemukan bukti musuh revolusi, kelompok Takfiri (kelompok Sunni ekstrimis) dan agen asing dalam bentrokan ini."

Demontrasi anti pemerintah kemudian memicu demo pro-pemerintah yang akhirnya terjadi bentrokan.

Sumber: Russia Today