Lepas dari Koalisi Gerindra-PKS, PAN Bakal Usung Deddy Mizwar-Desy Ratnasari?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kendati telah sepakat berkoalisi di lima pilgub dengan PKS dan Gerindra, namun PAN tetap setia mengusung Deddy Mizwar (Demiz) pada Pilgub Jabar 2018. PAN mengklaim mengusung Demiz sebagai calon gubernur Jawa Barat pada pilkada serentak tahun 2018 tanpa syarat.

"PAN mengusung Deddy Mizwar tanpa syarat sebagai calon gubernur Jawa Barat, karena komitmennya siap membangun Jawa Barat. Di sisi lain, PAN tidak bisa mengusung sendiri sehingga harus berkoalisi dengan parpol lainnya," kata Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan saat menyampaikan Refleksi Akhir Tahun 2017, di Jakarta, Jumat, 29 Dessmber 2017.

Zulkifli menegaskan, PAN sudah mendeklarasikan dukungannya kepada Deddy Mizwar sebagai calon gubernur Jawa Barat yang akan berkompetisi pada pilkada serentak tahun 2018.

Zulkifli juga menyatakan, PAN terpikat kepada Deddy Mizwar karena komitmennya dalam membangun Jawa Barat.

Ketika ditanya soal mahar, Zulkifli sambil berseloroh mengatakan, maharnya adalah satu botol air zamzam dan satu kilogram kurma.

Pada kesempatan tersebut, Zulkifli juga menanggapi soal Partai Gerindra yang menarik dukungan dari Deddy Mizwar dan mengalihkan dukungan kepada figur lainnya.

Menurut Zulkifli, Deddy Mizwar itu kader Partai Demokrat dan pasangannya Ahmad Syaikhu adalah kader PKS, tidak ada kader Partai Gerindra.

"Kalau PAN mengusung Deddy Mizwar tanpa syarat, karena menyadari tidak bisa mengusung sendiri," katanya.

Diwawancara secara terpisah, Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais membenarkan pernyataan Zulkifli. Ia menyebut bahwa untuk Jabar, koalisi itu belum sepakat perihal nama paslon yang akan diusung.

“Itu prosesnya memang belum selesai, dan bukan artinya kita tidak mendukung. Tapi opsinya masih terbuka,” kata Hanafi di Jakarta, Jumat, 29 Desember 2017,

Hanafi menegaskan bahwa sampai saat ini PAN masih memperjuangkan kadernya Dessy Ratnasari untuk menjadi cawagub.

“Dari internal PAN ada Dessy Ratnasari yang mungkin akan ditawarkan jadi cawagub,” ujarnya.