Kelak Semua Akan Terungkap


Kelak Semua Akan Terungkap

فَلَمَّا ذَهَبُوا بِهِ وَأَجْمَعُوا أَنْ يَجْعَلُوهُ فِي غَيَابَتِ الْجُبِّ وَأَوْحَيْنَا إِلَيْهِ لَتُنَبِّئَنَّهُمْ بِأَمْرِهِمْ هَٰذَا وَهُمْ لَا يَشْعُرُونَ

“Maka tatkala mereka membawanya dan sepakat memasukkannya ke dasar sumur (lalu mereka masukkan dia), dan (di waktu dia sudah dalam sumur) Kami wahyukan kepada Yusuf: "Sesungguhnya kamu akan menceritakan kepada mereka perbuatan mereka ini, sedang mereka tiada ingat lagi." (QS 12:15)

Ayat diatas bercerita bahwa, ketika Yusuf AS dibuang ke sumur oleh saudara-saudaranya Allah mewahyukan bahwa perbuatan zalim mereka ini kelak akan terungkap bahkan yang akan mengungkap adalah Yusuf sendiri, sedang mereka tidak sadar.

Seolah-olah Allah mengatakan, wahai Yusuf, ujian ini hanya sebentar. Dan pasti berakhir. Sebab itu janganlah kau risau dan bersedih hati.

Pada saatnya kelak, engkau akan membuka sendiri tabir kepalsuan dan sandiwara kehidupan yang selama ini mereka mainkan.

Dan waktu terus berjalan. Kehidupan pun berubah. Tiba-tiba Yusuf yang tadinya anak buangan kini menjadi penguasa Mesir dan di tangannya kendali negeri itu.

Tiba-tiba saudara-saudaranya datang meminta bantuan. Dan kali kedua mereka minta bantuan Yusuf membuka tabir kebohongan yang selama bertahun- tahun tidak ada kejelasan.

قَالَ هَلْ عَلِمْتُمْ مَا فَعَلْتُمْ بِيُوسُفَ وَأَخِيهِ إِذْ أَنْتُمْ جَاهِلُونَ

Yusuf berkata: "Apakah kamu mengetahui (kejelekan) apa yang telah kamu lakukan terhadap Yusuf dan saudaranya ketika kamu tidak mengetahui (akibat) perbuatanmu itu?" (QS 12:89)

Pelajaran yang dapat diambil adalah bahwa setiap kezaliman yang dilakukan akan terungkap, walau butuh beberapa tahun untuk membuktikannya.

Bandarlampung

Kamis, 21 Desember 2017

(Ust. Komiruddin Imron)