Ikut Aksi Bela Palestina, Rizal Ramli: Rakyat Indonesia Utang Budi dengan Palestina


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Aksi Bela Palestina di Monas turut dihadiri Rizal Ramli. Mantan Menko Maritim itu menegaskan Indonesia sejak awal ingin memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa.

"Ini penting karena Indonesia sejak awal itu ingin memperjuangkan kemerdekaan semua bangsa-bangsa di dunia. Itulah mengapa kita dihormati di Asia, Afrika. Karena Indonesia ujung tombak pemimpin kemerdekaan negara berkembang," kata Rizal di Monas, Jakarta Pusat, Minggu (17/12/2017).

Ramli mengatakan, klaim Presiden Amerika Serikat (AS) atas Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel merupakan penjajahan atas Palestina. Karena itu, lanjutnya, Indonesia harus berjuang untuk kemerdekaan Palestina.

"Jelas ini bentuk penjajahan. Itu semua Palestina dianeksasi (dicaplok), dirampas pakai kekerasan, akhirnya Palestina makin kecil dan kedua makin hilang padahal di situ ada Masjid Al-Aqsa. Ini bukan hanya soal agama, bukan hanya ada masjid sangat penting untuk umat Islam, tapi juga menyangkut kemerdekaan dan kemanusiaan. Kita harus berjuang bersama sama agar Palestina merdeka," ujarnya.

Mantan anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) ini menegaskan Indonesia berutang budi pada Palestina.

"Kita harus gunakan segala cara untuk membantu Palestina karena rakyat Indonesia utang budi sama Palestina. Satu-satunya negara yang mengakui kemerdekaan pertama kali adalah bumi Palestina," tuturnya, seperti dikutip Harian Terbit.