HEBOHHH Buku IPS 6 SD Memuat Yerusalem Ibu Kota Israel, Penerbit Yudhistira Akhirnya Klarifikasi dan Minta Maaf


[PORTAL-ISLAM.ID] Belum reda sikap kontroversial Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, kini digegerkan dengan beredarnya sebuah buku pelajaran sekolah yang tertulis Jerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Bahkan sudah tersebar di media sosial sebuah buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 6 Sekolah Dasar (SD) yang menuliskan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Salah satunya adalah buku terbitan Yudhistira dimana tercantum Ibu Kota Israel adalah Yerusalem sedangkan Ibu Kota Palestina kosong (tidak ada).

Setelah heboh, pihak penerbit Yudhistira akhirnya merilis klarifikasi.

Dalam klarifikasi yang diterima redaksi portal-islam.id, penerbit Yudhistira menyampaikan:

"Sehubungan dengan informasi yang berkembang belakangan ini tentang isi buku IPS kelas VI terbitan Yudhistira yang memuat bahwa ibu kota Israel adalah Yerusalem.

Perlu kami sampaikan bahwa kami mengambil data tersebut dari sumber internet world population data sheet 2010. Kami tidak mengetahui kalau ternyata data tersebut masih menjadi perdebatan dan belum diakui secara Internasional. 

Berkenaan dengan hal tersebut kami mohon maaf apabila sumber yang kami ambil dianggap keliru. kami akan melakukan perbaikan atau revisi tersebut pada cetakan berikutnya."

Demikian surat pemberitahuan dari Yudhistira tertanggal 12 Desember yang ditandatangani oleh Dedi Hidayat selaku Kepala Penerbitan.

Sayang disayangkan buku yang masih beredar tidak ditarik.