Hasil Survei IDM: 77,3% Menyatakan Pemerintahan Jokowi Tidak Meralisasikan Janji Kampanye


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia Development Monitoring (IDM) merilis hasil survei terbaru yang menyebut jika masyarakat khususnya para pelaku ekonomi menyatakan pemerintahan Jokowi-JK tidak meralisasikan janji mereka.

Seperti dilansir aktual.com (18/12/2017), berdasarkan hasil survei tersebut, kata Direktur Eksekutif IDM Bin Firman Tresnadi para pelaku ekonomi pasar tradisional dan masyarakat rata-rata mengaku kapok telah memilih Jokowi yang dianggap ingkar janji kampanye.

“Saat responden diajukan pertanyaan ‘Apakah pemerintah Jokowi-JK sudah merealisasikan janji kampanyenya dalam membangun ekonomi kerakyatan? Ternyata 77.3% responden menjawab pemerintahan Jokowi-JK tidak meralisasikan janji mereka untuk membangun ekonomi kerakyatan dan tidak memprioritaskan pasar tradisional sebagaimana janjinya dalam kampanye,” beber Firman.

Selain itu lanjut Firman pihaknya juga menanyakan kepada responden soal keadaan ekonomi keluarga selama tiga tahun terakhir. Dan hasilnya, sebanyak 71,8% menyebut terjadi penurunan ekonomi keluarga, sehingga mereka harus mensiasati dengan cara mengurangi hal-hal yang tidak mendesak, seperti pakaian dan jumlah kebutuhan bahan pangan yang tidak pokok misalnya susu, daging, ikan, telur.

Mereka kata dia juga berharap anggota keluarga tidak ada yang sakit karena akan menambah biaya yang harus dikeluarkan.

“Sementara itu, 20.7% mengatakan kondisi mereka pas-pasan saja, hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari tanpa bisa menyisihkan untuk menabung dan sisanya sebanyak 7.5% mengatakan kondisi ekonomi mereka membaik dan ada peningkatan penghasilan walaupun sedikit bisa untuk ditabung dan kebutuhan sosialita,” terang dia.

Firman menjelaskan pengumpulan data survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner yang sebelumnya sudah dirumuskan oleh para peneliti.

Sumber: Aktual