Fenomena Ustadz Abdul Somad, Pengganti Kepergian Habib Rizieq Syihab


by Laila Nahwa Harun*

HRS tidak mudah kembali ke Indonesia jika rezim ini masih berkuasa..
Sehingga umat Islam Indonesia berusaha mencari figur pendakwah pengganti HRS yang tepat dan pas dengan isu sekarang ini.. dan...akhirnya tambatan hati jatuh kepada "Ustadz Sejuta Umat"..

Teman bertanya mengapa tambatan hati jatuh kepada Ustadz Abdul Somad (UAS)?

Saya menjawab:

1. UAS asli pribumi indonesia (kelebihan tersendiri)

2. Karakter tegas dan gaya berbicara mirip HRS

3. Penampakan fisik sekilas mirip Mr.Jokowi... kurus, lugu, wajah "ndeso", apa adanya, sederhana, hoby blusukan, merakyat...dari dulu doyan pake baju koko putih๐Ÿ˜Š

4. UAS belum pernah nampak bersikap pamer (harta, keluarga, istri, dll) dan tidak ada kesan pencitraan atas apa yang dilakukan.

5. Cerdas memadukan seluruh aspek komunikasi verbal dan bahasa tubuh, hingga orang mendengarnya, melihatnya bersemangat, santai, haru, bahagia, dan tidak dibuat-buat.

6. Wawasannya luas...khususnya wawasan Sejarah Islam, wawasan kehidupan muslim di berbagai bangsa, sehingga konten tidak melulu dipenuhi doktrin tapi juga berbagai riwayat dan story yang bermanfaat bagi umat.

7. Mayoritas jemaah heterogen dari berbagai level strata (tua, muda, remaja dan anak-anak suka beliau) dan diterima di berbagai aliran/firqah dalam Islam..(kecuali kelompok ekslusif ogah berdekatan dg UAS ๐Ÿ˜†).

8. UAS salah satu ulama yang membuat saya salut diantara ulama-ulama yang saya kagumi.

Wallahua'lam...

___
*dari fb penulis