Fans Celtic FC: "Jerusalem is Palestine. F*** Trump"


[PORTAL-ISLAM.ID] Edinburgh - Fans klub sepakbola Celtic FC Skotlandia kembali menunjukkan dukungannya kepada Palestina.

Meskipun tahun lalu klub Skotlandia ini kena denda UEFA karena dukungan fansnya pada Palestina saat pertandingan, fans Celtic FC kembali melakukannya.

Dalam pertandingan laga ke-17 Liga Premier Skotlandia antara Hibernian vs Celtic FC yang berlangsung di stadion Easter Road Edinburgh (ibukota Skotlandia) tadi malam, Minggu (10/12/2017), selama pertandingan pendukung klub sepak bola Celtic menunjukkan ketidaksenangan mereka dengan pengumuman Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel, dengan menaikkan spanduk sebelum kick-off. Spanduk bertuliskan:

"Jerusalem is Palestine. F*** Trump"

Fans Celtic FC juga mengibarkan bendera Palestina. Mereka juga memakai syal Palestina.

Pertandingan berakhir dengan skor 2-2. Hasil ini membuat Celtic FC tetap bertengger di puncak klasemen sementara Liga Premier Skotlandia. Sementara Hibernian di posisi keempat.

Tahun lalu, fans Celtic FC mengibarkan bendera Palestina saat pertandingan UEFA melawan tim Israel membuat klub tersebut didenda £ 82.000 (hampir Rp 1,5 Miliar). Sebagai tanggapan, para fans memutuskan untuk mengumpulkan jumlah yang setara dengan denda dengan target £ 82.000 dan ternyata jumlah donasi yang terkumpul mencapai dua kali lipat lebih dari £ 160.000 (hampir Rp 3 M) yang diberikan untuk membantu pengungsi Palestina.

[video - fans Celtic selebrasi gol pertama dengan mengibarkan bendera Palestina]