Erdogan: Turki akan membuka kedutaan di Yerusalem Timur


[PORTAL-ISLAM.ID] Turki akan segera membuka kedutaan di Yerusalem Timur, Presiden Recep Tayyip Erdoğan mengatakan pada hari Ahad (17/12/2017 - bertepatan #AksiBelaPalestina1712), beberapa hari setelah memimpin KTT Darurat OKI di Istanbul yang menghasilkan keputusan bersama seluruh negara-negara OKI menetapkan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina.

Warga Palestina menginginkan ibukota sebuah negara masa depan yang mereka inginkan berada di Yerusalem Timur, yang diambil Israel dalam perang 1967 dan kemudian dianeksasi dalam sebuah tindakan yang tidak diakui secara internasional.

Erdoan mengatakan dalam sebuah pidato kepada anggota partai berkuasa AK Parti (AKP) di provinsi selatan Karaman bahwa konsulat jenderal Turki di Yerusalem sudah diwakili oleh seorang duta besar.

"Insya Allah, hari sudah dekat saat resmi, dengan izin Tuhan, kita akan membuka kedutaan kita di sana," kata Erdogan, seperti dilansir media Turki Yeni Safak.

Langkah nyata Turki membela Palestina dan Yerusalem ini diharapkan diikuti oleh negara-negara muslim anggota OKI, terutama Indonesia negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia.

Yerusalem (Al-Quds) adalah tempat suci ketiga Umat Islam seluruh dunia yang disitu terdapat Masjid Al-Aqsa, kiblat pertama Umat Islam.

[video - pernyataan Erdogan]