Ekonomi Turki "Meroket" di Kuartal III 2017, Tumbuh 11,1% Tercepat di Dunia


[PORTAL-ISLAM.ID] Ekonomi Turki tumbuh pesat di kuartal III 2017. Turkish Statistics Institute (TUIK) baru saja merilis pertumbuhan ekonomi Turki mencapai 11,1% (year on year/yoy).

Seperti yang dilansir dari AFP, Senin (11/12/2017), raihan tersebut membuat pertumbuhan ekonomi Turki menjadi yang tercepat di dunia dan berada di atas ramalan pelaku pasar yang mematok di level 10%.

"The year-on-year figure -- which President Recep Tayyip Erdogan boasted made Turkey the world's fastest-growing economy -- was even well above the consensus market forecast which had been for 10.0-percent growth," tulis AFP.

Angka year-on-year 11,1% ini -- yang dibanggakan presiden Erdogan menjadikan Turki ekonomi dengan pertumbuhan tercepat - bahkan diatas konsensus pasar yang telah berkisar di pertumbuhan 10%

Pertumbuhan didorong oleh konstruksi dan layanan, serta kenaikan ekspor yang kuat, data resmi yang dikeluarkan oleh Turkish Statistics Institute (TUIK) menunjukkan.

Upah karyawan juga meningkat sepertiga dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun 2016, sementara impor juga meningkat.

Erdogan mengatakan Turki menargetkan pertumbuhan PDB minimal 7,0 persen untuk keseluruhan tahun 2017.

"Saya yakin kami telah memberikan respon yang paling indah ke dalam dan di luar agitator yang mencoba membuat Turki terlihat lemah," katanya dalam sebuah pidato di Ankara.

"Turki adalah negara yang tidak akan mengecewakan siapapun yang mempercayai, percaya dan berinvestasi di dalamnya. Mereka yang menang akan menang, mereka yang melawan kita akan kalah," tambah Erdogan.

Sumber: https://www.afp.com/en/news/15/turkeys-economy-grows-111-third-quarter-doc-v235p2