Akankah Sudirman Said Jadi Gubernur Seperti Anies Baswedan?


[PORTAL-ISLAM.ID]  Kehadiran Anies Baswedan dalam deklarasi bakal calon gubernur Jawa Tengah, mendapat sambutan hangat Prabowo Subianto, Sudirman Said, dan para pengurus Partai Gerindra. Anies menggenapkan motivasi Sudirman Said untuk memastikan kemenangan dalam Pilgub Jawa Tengah 2018.

Anies yang hadir dengan pakaian batik --tak serupa seragam pengurus Gerindra lain--, diberi kesempatan untuk bicara di sesi akhir deklarasi. Anies memanfaatkan kesempatan itu untuk mengenang momentum saat dia diusung sebagai cagub DKI, titik awal perjuangan yang menghantarkannya menjadi gubernur DKI. Anies berharap Sudirman Said juga menjalani hal yang sama.

"Di sini memulai rasanya bagi saya setahun lalu kita kumpul memulai sebuah perjuangan. Sekarang kita berharapa Pak Sudirman Said adalah putra Jateng Brebes, lahir di kabupaten salah satu paling miskin, di desa paling miskin di Brebes," ucap Anies di kediaman Prabowo, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu 13 Desember 2017.

Anies lalu berkelakar soal dia dan Sudirman Said yang sama-sama menjadi cagub karena direshuffle oleh Presiden Joko Widodo dari Kabinet. "Sama sama berada di kabinet bersama. Ada yang menyebut katanya lulus cepat, ha..ha.." tawa Anies ditimpali Prabowo "Yang untung gue, ha..ha..."

Anies Baswedan dan Sudirman Said memang bernasib sama saat menjabat menteri di Kabinet Kerja. Anies sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Sudirman Said Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Keduanya diangkat Presiden Jokowi pada 27 Oktober 2014, dan sama-sama direshuffle pada 27 Juli 2016 karena alasan yang tidak pernah diketahui. Padahal, tak ada rapot merah selama keduanya menjabat menteri, justru banyak capaian yang bisa jadi tolak ukur.

Anies beberapa bulan pasca reshuffle, secara mengejutkan dicalonkan Prabowo Subianto sebagai calon gubernur DKI bersama PKS. Padahal, nama Anies tak ada dalam radar survei, bahkan elektabilitasnya terlampau jauh dari inkumben Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Tapi begitulah keyakinan Prabowo Subianto, Anies Baswedan akhirnya berhasil menumbangkan Ahok hingga dilantik menjadi gubernur DKI Jakarta bersama Sandiaga Uno, yang tak lain anggota Dewan Pembina Gerindra.

Setelah menang Pilgub, Anies membentuk Tim Sikronisasi untuk menyiapkan pemerintahan Anies-Sandi dalam 5 tahun ke depan. Tim itu diketuai oleh Sudirman Said dan berhasil mengantarkan Anies-Sandi hingga menjabat saat ini.

Lalu apakah nasib Anies akan sama dengan Sudirman Said dalam Pilgub?

Prabowo optmistis Sudirman bisa menumbangkan Ganjar Pranowo, serupa saat Anies mengalahkan Ahok. Kuncinya kata Prabowo, adalah meyakinkan masyarakat bahwa kandidat yang diusung mampu memimpin Jawa Tengah.

"Saya kira langkah yang dilakukan oleh setiap parpol turun ke rakyat, yakinkan rakyat, dan ini proses kenegaraan yang hidup," ucap Prabowo.

Hal senada disampaikan Anies Baswedan yang juga optimistis sahabatnya itu bisa memimpin Jawa Tengah. "Saya optimis bahwa insyaallah beliau membawa perubahan di Jateng," ucap Anies.

"Insyaallah di Jateng meskipun jangkauan luas, perjuangan pasti besar. Berat atau ringan itu soal perasaan, dan saya percaya dengan tim yang sudah lengkap insyaallah perjuangan sudah ditunaikan dan meraih kemenangan," tegasnya.

Sumber: Kumparan