10 Tahun Bantuan Turki Untuk Palestina Sejak Erdogan Berkuasa


[PORTAL-ISLAM.ID] Badan bantuan pemerintah yang dikelola pemerintah Turki (TIKA) telah memberikan bantuan kemanusiaan ke Palestina dalam 10 tahun terakhir sejak Erdogan berkuasa menjadi pemimpin Turki (2003-Sekarang: Perdana Menteri dan Presiden Turki).

Itulah mengapa rakyat Palestina sangat mengidolakan Erdogan.

Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki (TIKA) telah melaksanakan 400 proyek di Gaza, Jerusalem dan Tepi Barat sejak tahun 2005, saat meluncurkan sebuah kantor di Palestina.

Proyek berfokus pada memfasilitasi proyek pembangunan sosial termasuk infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan pemulihan monumen bersejarah di Palestina.

Palestina adalah salah satu penerima manfaat utama TIKA, menerima 30 persen total bantuannya ke wilayah Timur Tengah dan Afrika.

Di kota Bethlehem, Tepi Barat, sebuah sistem energi matahari diberikan kepada keluarga Palestina.

Diminta oleh Palestine Liberation Organization (PLO), proyek ini membantu hampir 350 orang menerima listrik.

Hal ini memungkinkan warga untuk mengoperasikan pompa air dan tank di Abu Zaytun dan menyediakan air untuk sekitar 500 orang.

Pada tahun 2015, bahan bakar dikirim ke Gaza untuk mengurangi kekurangan energi akibat kerusakan infrastruktur akibat serangan Israel.

Pabrik minyak zaitun yang dibangun oleh TIKA pada tahun 2016 memajukan kemandirian ekonomi bagi orang-orang Palestina.

Pabrik tersebut dibuka di Abasan al-Kabira, sebuah kota kecil yang berkembang di bidang pertanian di Khan Younis di Jalur Gaza. Ini akan dijalankan oleh pemerintah daerah setempat, dan bertujuan untuk memperbaiki pengolahan minyak zaitun di wilayah tersebut oleh sebuah pusat petani zaitun di Jalur Gaza selatan.

TIKA juga memprakarsai Proyek Perumahan Kolektif Gaza untuk membangun 1.000 rumah prefabrikasi untuk memenuhi kebutuhan perumahan di Jalur Gaza, dimana hampir 13 persen dari semua rumah rusak.



Sekolah Turki

Pada tahun 2008, Kementerian Pendidikan Nasional di Palestina dan Turki sepakat untuk membangun 10 sekolah di Palestina.

Pada tahun 2014, TIKA membangun empat tingkat sekolah Sekolah Turki dengan 14 kelas di Al-Khalil (Hebron) dan menyediakan semua peralatan untuk sekolah di wilayah yang dialokasikan oleh Kota Al-Khalil (Hebron).

Sekolah yang memiliki kapasitas 550 siswa, saat ini paling modern di kota.

Pada tahun 2009, Sekolah Turki Tulkarim Rasim Kemal dibangun dengan kapasitas 160 siswa, dan Cenin Turkish School melayani sekitar 650 siswa.

Demikian pula, El-Bireh Turkish Schools for Girls dibuka pada tahun 2012, dan Sekolah Tinggi Nablus Nuri Pakdil untuk Anak Perempuan satu tahun kemudian - keduanya dapat melayani hampir 500 siswa.

Reshadiye Girls School, yang awalnya dibangun pada tahun 1911 oleh Sultan Ottoman Mehmed Reshad, juga direnovasi.

Atas permintaan tersebut, TIKA menyediakan peralatan teknis yang diperlukan untuk instalasi laboratorium komputer dan sistem kamera keamanan di Shamili Refugee Camp High School for Girls yang memiliki 21 ruang kelas dan total 557 siswa.

Bidang Kesehatan

Rumah Sakit Persahabatan Turki-Palestina, yang dibangun pada akhir 2015, dan direncanakan untuk diluncurkan sebelum 2018, ditetapkan sebagai yang terbesar di Gaza.

Pada tahun 2012, Rumah Sakit Tubas Turki, yang merupakan rumah sakit pertama di 40.000 penduduk kota Tubas di West Park, dibangun dan peralatannya dipasok oleh TIKA.

Ini menawarkan layanan kesehatan untuk sekitar 40.000 pasien dengan orang-orang yang datang dari kota-kota tetangga setiap tahunnya.

Lembaga ini juga menyumbangkan generator oksigen ke Rumah Sakit El-Bireh di Bulan Sabit Merah Palestina dan ke rumah sakit Al-Ahli yang dibuka pada tahun 1993.

Peralatan medis juga diberikan ke Rumah Sakit Gaza Timur.

Pelestarian Masjid Al-Aqsha dan Al-Quds

Proyek TIKA di negara ini termasuk restorasi Dome of the Rock (kubah emas), yang juga dikenal sebagai Qubbat al-Sakhrah, yang berada di dalam kompleks masjid Al-Aqsa, dan proyek asrama wanita Al-Quds 400 siswa.

Di Masjid Al-Aqsha ada hampir 600 manuskrip asli, catatan pengadilan, sertifikat, dan surat-surat dari masa Kekaisaran Ottoman yang memerintah di Yerusalem. Administrasi Yayasan Masjid-al-Aqsa Yerusalem meminta bantuan dari TIKA untuk pelestarian arsip-arsip ini.

Sebagai tanggapan, bahan yang dibutuhkan untuk arsip di bawah proyek penguatan infrastruktur disediakan oleh TIKA. Selain itu, sistem perekam perekam digital, keamanan dan kebakaran telah dipasang di gedung arsip.

Permintaan lain dari Kota Jabalia El-Nazlah untuk penerangan jalan. Bahan penerangan jalan yang diperlukan disumbangkan, lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki menjadi lebih aman.

Dalam hal bantuan pangan dan bantuan musim dingin bagi orang-orang yang tinggal di Gaza yang terkepung, TIKA terus berupaya menerapkan kebijakan kerjasama pembangunan Turki.

*Sumber:
- http://www.tika.gov.tr/en/news/envoy_praises_turkey_s_help_in_palestine_development-22837
- http://www.yenisafak.com/en/world/ten-years-of-turkish-aid-in-palestine-2890775


Baca juga :