Survei: Popularitas Aa Gym Kalahkan Ridwan Kamil di Jawa Barat


[PORTAL-ISLAM.ID] Pendiri dan pengasuh Ponpes Daarut Tauhid, K.H. Abdulllah Gymnastiar (Aa Gym) mengalahkan popularitas Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) di Jawa Barat, berdasarkan survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dilakukan pada akhir September sampai awal Oktober 2017.

Aa Gym menempati posisi teratas dengan 95 persen responden mengetahui serta 88 persen responden menyukai, diikuti Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dengan 93 persen mengetahui serta 88 persen menyukai.

Setelah Deddy ada anggota Komisi VIII DPR Desy Ratnasari dengan 87 persen mengetahui serta 83 persen menyukai, lalu Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf dengan 87 persen mengetahui serta 90 persen menyukai.

“Emil berada di posisi kelima dengan 77 persen mengetahui. Tapi Emil paling disukai dengan 92 persen,” kata Djayadi.

Direktur Eksekutif SMRC Djayadi Hanan mengatakan, popularitas menjadi faktor penting bila nama-nama tersebut ingin maju dalam pemilihan gubernur Jawa Barat 2018, baik sebagai calon gubernur atau wakil gubernur.

Dari segi elektabilitas calon gubernur Jawa Barat, dengan pertanyaan simulasi terbuka Emil menempati posisi teratas dengan 16,8 persen.

Emil unggul jauh dari Deddy Mizwar yang meraih 3,8 persen,  Dedi Mulyadi (2,2 persen), AA Gym (1,5 persen) dan Dede Yusuf (0,9 persen).

Djayadi mengatakan elektabilitas Emil yang paling tinggi tidak menjadi jaminan. Pasalnya sebanyak 70,5 persen belum menentukan pilihan.

“Secara umum, soliditas dukungan massa pemilih masih banyak yang belum bisa tentukan pilihan. Belum ada dukungan solid (dari masyarakat) yang dimiliki calon untuk dibawa ke Pilkada Jabar,” kata Djayadi.

Penelitian SMRC dilakukan dengan metode multi-stage random sampling dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini melibatkan 820 responden.

Ridwan Kamil merupakan satu-satunya tokoh yang sudah memenuhi syarat untuk maju sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat.

Emil telah memenuhi syarat mendapat dukungan dari 20 kursi lebih di DPRD Jawa Barat setelah didukung oleh NasDem, PPP, dan PKB. Ketiga partai itu menguasai 21 kursi di DPRD.

Golkar sebenarnya sudah menyatakan dukungan kepada Ridwan Kamil, namun Surat Keputusan (SK) dukungan belum diserahkan langsung kepada Emil. (CNNIndonesia)