Sumber Kerajaan: Raja Salman Mundur Pekan Depan, Saudi Dipimpin Putra Mahkota Mohammed bin Salman


[PORTAL-ISLAM.ID] Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud memutuskan mundur dan menyerahkan seluruh kekuasaannya kepada putra mahkota berusia 32 tahun, Mohammed bin Salman.

Dalam laporan eksklusif Daily Mail, 16 November 2017, sumber yang dekat dengan keluarga Kerajaan Saudi mengungkapkan, Raja Salman akan terlibat sebagai figur pemimpin acara-acara seremonial setelah mengundurkan diri.

"Raja Salman akan mengumumkan penunjukkan Mohammed bin Salman sebagai Raja Arab Saudi pekan depan, kecuali ada kejadian dramatis. Raja Salman akan memainkan peran seperti ratu di Inggris. Dia hanya akan memegang jabatan sebagai "Penjaga Kota Suci," kata sumber itu.

Penyerahan kekuasaan ini terjadi hanya sekitar sebulan setelah Mohammed bin Salman melakukan 'pembersihan' besar-besaran dengan penangkapan dan penahanan lebih dari 40 pangeran dan sejumlah menteri dan mantan menteri atas tuduhan korupsi.

Sebelumnya para pengamat sudah menyatakan selama ini secara de facto yang berkuasa di Kerajaan Arab Saudi adalah pangeran Mohammed bin Salman yang disebutnya melakukan 'kudeta tak berdarah' terhadap ayahnya.

Sumber: Daily Mail