Jumlah Pekerja Cina di Indonesia Tertinggi, Netizen: Nasionalisme tergadai Tapi tetap mengaku paling NKRI


[PORTAL-ISLAM.ID] Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menyatakan jumlah tenaga kerja asing (TKA) Cina yang bekerja di Indonesia mencapai 27.211 jiwa per September 2017. Jumlah tersebut merupakan jumlah terbesar, disusul oleh TKA Jepang yang berada pada posisi kedua dengan jumlah 16.116 jiwa.

"Jumlah tenaga kerja asing yang berasal dari Cina yang bekerja di Indonesia memang selalu paling banyak setiap tahunnya," ungkap Kepala Subdit Analisis dan Perizinan Tenaga Kerja Asing Kemnaker Yanti Nurhayanti Ningsih ketika dihubungi Republika.co.id pada Senin (27/11).

Yanti menjelaskan, jumlah TKA Cina mengalami lonjakan yang cukup signifikan pada 2016. Tercatat, jumlah TKA Cina di Indonesia meningkat sebanyak 3.756 jiwa, dari jumlah 17.515 TKA Cina pada 2015, menjadi 21.271 TKA Cina pada 2016.

"TKA Cina itu bekerja di berbagai sektor, tapi tidak ada yang menjadi buruh kasar ya. Jabatan terendah yang kita berikan itu advisor," kata Yanti.

Link: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/11/27/p02rio366-jumlah-pekerja-cina-di-indonesia-tertinggi

***

Berita yang dilansir Republika ini mendapat banyak tanggapan dari publik sosial media (netizen).

"Nasionalisme tergadai. Tapi tetap mengaku paling NKRI," ujar akun @KrisnaDipayanaX.

"Dengan adanya fenomena ini tapi tetap saja cebonger membela, padahal mereka pun pengangguran," komen @TheUncleDee.



Netizen juga mempertanyakan pernyataan dari Kementerian Tenaga Kerja yang menyatakan TIDAK ADA BURUH KASAR CHINA karena JABATAN TERENDAH adalah ADVISOR.

Padahal sudah banyak berita tentang buruh kasar dari China.

[Tribunnews]
Polair Amankan 41 Warga Cina Saat Patroli, Ternyata Mereka Pekerja Perusahaan Ini
Selasa, 3 Oktober 2017 01:17
http://pontianak.tribunnews.com/2017/10/03/polair-amankan-41-warga-cina-saat-patroli-ternyata-mereka-pekerja-perusahaan-ini

ITU YANG KETAHUAN... BAGAIMANA DG YG TIDAK KETAHUAN???