Insiden Walk Out, Kolese Kanisius Akhirnya Minta Maaf ke Anies Baswedan


[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Pihak Kolese Kanisius mengirimkan surat penjelasan kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait insiden yang terjadi di acara peringatan 90 tahun berdirinya Kolese Kanisius di JIEExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11) lalu.

Saat acara tersebut, sejumlah alumni, termasuk komposer Ananda Sukarlan, walk out (WO) saat Anies tengah berpidato.

Perwakilan Perhimpunan Alumni Kolese Kanisius, Affan Alamudi, mengatakan bahwa selain menyampaikan apresiasi serta terima kasih atas kehadiran Anies, pihak sekolah juga mengklarifikasi masalah yang sebenarnya terjadi.

Dalam surat tersebut, Kolese Kanisius juga meminta maaf atas kejadian yang disebut tak mewakili pihak mana pun, termasuk pihak Kolese Kanisius.

“Hari ini pihak sekolah menyampaikan surat permohonan maaf sekaligus klarifikasi. Kami minta maaf kepada gubernur atas kejadian yang kurang menyenangkan ini,” ujar Affan di Kolese Kanisius, Jakarta Pusat, Selasa (14/11).

Kolese Kanisius, kata Affan, mengajarkan nilai-nilai Kanisius termasuk menghargai setiap tamu yang hadir. Apa yang diperlihatkan Ananda merupakan perbuataan yang mewakili dirinya.

“Kanisius itu diajarkan menghormati tamu dan pimpinan. Kami sangat menghargai Mas Ananda menyampaikan pendapatnya, tapi ya disayangkan momentumnya tidak tepat,” ujar Affan.

Ananda walk out karena menilai sosok Anies yang diundang ke acara tersebut tidak mencerminkan sikap yang diajarkan Kanisius, khususnya masalah perbedaan.

Sebelumnya, ketika ditemui di Balai Kota, Anies Baswedan tidak mempermasalahkan sikap Ananda Sukarlan dan kawan-kawan yang walk out. Sebagai gubernur, Anies menyebut dirinya bertanggung jawab untuk mengayomi semua kelompok masyarakat, termasuk alumni Kolese Kanisius.

“Jadi, saya akan menyapa semua, mengayomi semua. Kalau kemudian ada reaksi negatif, ya itu bonus saja buat saya. Enggak ada sesuatu, biasa saja, rileks,” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (13/11) lalu.

Sumber: Koran WARTA KOTA