Innalillahi.. GIF Lecehkan Habib Rizieq, Netizen KECAM Aplikasi WA dan Twitter


[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebuah gambar bergerak berformat Graphics Interchang Form
at (GIF) telah menggegerkan netizen sejak Jumat malam, 3 November 2017.

Gambar yang menggegerkan tersebut merupakan gambar bergerak Imam Besar FPI Habib Rizieq dan sebuah pisang dengan tulisan yang mirip dengan teks pada chat palsu Habib Rizieq dan Firza yang pengunggahnya hingga kini belum berhasil ditangkap pihak kepolisian.

Awalnya, gambar yang diupload melalui tenor.com tersebut bisa diakses pada aplikasi twitter dan whatsapp. Namun dini hari Sabtu 4 November 2017, gambar tersebut sudah menghilang dari daftar GIF yang disediakan twitter.

Sementara pada aplikasi whatsapp, gambar serupa hingga pukul 02.00 dini hari Sabtu, 4 November 2017 masih bisa dimuat dengan cara berikut:


1. Buka aplikasi whatsapp, klik gambar icon.


2. Klik tulisan GIF


3. Ketikkan kata "Rizieq" pada kolom pencarian, tekan enter. Maka akan muncul GIF tak senonoh yang melecehkan Habib Rizieq.

Keberadaan GIF Habib Rizieq diyakini merupakan ulah pihak yang ingin mengadu domba umat. Oleh karenanya, netizen dihimbau tidak bersikap reaktif dalam menanggapi respon dari sesama netizen yang berseberangan paham, sambil tetap melaporkan gambar tersebut dan meminta pihak Twitter dan whatsapp menghapus gambar tersebut.

Berikut tanggapan netizen.