Gempa Dahsyat di Irak 210 Orang Meninggal, Turki Langsung Kirim Bantuan


[PORTAL-ISLAM.ID] IRAK - Gempa dahsyat berkekuatan 7,3 skala Richter terjadi di perbatasan Iran-Irak, Minggu (12/11/2017) pukul 21.18 waktu setempat, menurut Badan Survei Geologi AS (USGS).

Titik gempa dikatakan berpusat di daerah pegunungan terpencil di Irak, sekitar 200 kilometer sebelah barat laut Baghdad dan 400 kilometer sebelah barat Tehran.

Menurut informasi terbaru dari Badan Penanggulangan Bencana, gempa di perbatasan Iran-Irak sudah menewaskan hingga 210 orang. Sedangkan, lebih dari 1.700 orang mengalami cedera.

Turki telah mengirim petugas darurat dan bantuan ke Irak utara setelah gempa hari Ahad di perbatasan Irak-Iran, kantor berita AFP melaporkan hari Senin (13/11/2017).

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan negaranya telah mengambil tindakan segera untuk memberikan bantuan medis dan makanan ke Irak utara.

Kerem Kinik, wakil presiden Bulan Sabit Merah Turki, mengatakan kepada The Associated Press dari gerbang perbatasan Habur bahwa 33 truk bantuan sedang dalam perjalanan ke kota Irak Sulaimaniyah, membawa 3.000 tenda dan pemanas, 10.000 tempat tidur dan selimut serta makanan.

Militer Turki mengatakan sebuah pesawat kargo yang mengangkut petugas bantuan dan darurat tiba di Irak dan kantor berita resmi Turki Anadolu melaporkan beberapa kali pengiriman oleh layanan bencana negara tersebut.

Kementerian luar negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa orang-orang Turki berdiri dengan rakyat Iran dan Irak dan siap untuk membantu Iran jika diminta.

[Video - Turki langusng kirim bantuan]