Asli Keren! Anies-Sandi Meresmikan "Justice League" Untuk Percepat Penanganan Aduan Masyarakat


[PORTAL-ISLAM.ID] Dipimpin Anies-Sandi, Pemprov DKI Jakarta mengalami pembenahan sistemik. Tidak ada lagi pemimpin yang 'one man show', tapi menjadi 'Justice League' kerja bersama dari semua lini tingkat paling bawah diberdayakan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan seluruh kantor kecamatan di provinsi ini akan dibuka untuk menerima pengaduan masyarakat setiap hari Sabtu. Layanan ini akan dimulai sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

"Hari ini (Sabtu) adalah hari perdana. Ini adalah lembaran baru dari kami membangun sistem bahwa di kecamatan itu harus ada sistem untuk menerima pengaduan masyarakat," ujar Wagub saat kunjungi kantor Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (18/11/2017).

Wagub menyatakan semua masalah yang dialami warga tidak perlu dilaporkan seluruhnya ke balai kota. Beberapa masalah justru dapat ditindaklanjuti di tingkat kelurahan.

"Karena ke depan membangun Jakarta itu tidak bisa sistemnya Superman di mana semua satu di Balai Kota menyelesaikan. Tapi sistem kita ke depan adalah 'Justice League'. Kita bekerja bersama-sama," kata Sandiaga. Sistem yang diutarakan Sandi tersebut merujuk pada film Justice League yakni kumpulan pahlawan super yang membasmi penjahat dengan bekerja sama.

Sistem pengaduan masyarakat di kecamatan Gambir dapat dimulai di hari kerja hingga Sabtu (08.00-11.00). Laporan warga tersebut akan ditinjau langsung melalui sistem kerja bakti setiap hari Ahad. Pada hari Senin, laporan warga akan dibahas di rapat mingguan kecamatan.

"Jika masalah tersebut tidak selesai, akan dinaikkan dalam rapat di tingkat wali kota pada hari Selasa. Apabila tidak selesai, akan dibahas pada tingkat provinsi di Balaikota," kata Wagub.

Dia berharap sistem ini dapat menjadi layanan pengaduan yang tersistem baik sehingga setiap aduan dapat ditindaklanjuti secara cepat dan efisien. Dalam kesempatan ini, ia pun menyebut tiga kata kunci dalam menghadapi cuaca yang tidak bisa diprediksi yaitu siap, tanggap, dan galang.

Berikut penjelasan Gubernur Anies -- keren banget, keluhan warga cepat tertangani: